Implementasi peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 43 tahun 2014 tentang desa : Studi kasus rangkap jabatan BUM Desa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Rizki, Luthfi Prama (2020) Implementasi peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 43 tahun 2014 tentang desa : Studi kasus rangkap jabatan BUM Desa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Desa mempunyai hak dan kewajiban untuk mengelola potensi desa yang dalam pelaksanaannya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang bertujuan untuk eningkatkan pendapatan asli desa dan mensejahterakan masyarakat desa, pengelolaan BUMDesa harus dari masyarakat yang memiliki kompetensi dalam bidang usaha dan tidak terikat dengan lembaga-lembaga yang ada didesa tetapi di Desa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung pengelola BUMDesa atau pelaksana operasionalnya merangkap jabatan di pemerintah desa sebagai perangkat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sosialisasi kepada masayarakat dalam pembentukan BUMDesa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, pembentukan pelaksana operasional BUMDesa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dan pelaksanaan BUMDesa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Peneliti menggunakan teori Charles O. Jones (1996) dalam (Agustino 2017:154-155) menyebutkan dalam melaksanakan aktivitas implementasi program atau pelaksanaan kebijakan, terdapat 3 macam aktivitas yang perlu diperhatikan secara saksama, yakni: 1) Organisasi 2) Interpretasi 3)Penerapan Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif untuk menjawab permasalahan yang dikaji dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tidak adanya sosialisasi kepada masyarakat dalam pembentukan BUMDesa Cigentur. Pembentukan pelaksana operasional BUMDesa Cigentur tidak melaui rekrutmen dan musyawarah. Pelaksanaan pengelolaan BUMDesa Cigentur belum maksimal karena adanya rangkap jabatan pelaksana operasional BUMDesa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: file bab 1 eror
Uncontrolled Keywords: BUMDesa; Implementasi; Rangkap Jabatan; Sosialisasi;
Subjects: Political dan Government Science > Comparative Government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Luthfi Prama Rizki
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:21
Last Modified: 23 Apr 2021 04:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38932

Actions (login required)

View Item View Item