Peran dosen pembimbing akademik dalam memotivasi belajar mahasiswa : Penelitian pada mahasiswa BKI angkatan 2016 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Yulianti, Lia (2021) Peran dosen pembimbing akademik dalam memotivasi belajar mahasiswa : Penelitian pada mahasiswa BKI angkatan 2016 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan studi, mengacu kepada keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahannya, tidak hanya ditunjang oleh kecerdasan yang tinggi saja, namun oleh banyak hal, di antaranya memiliki motivasi belajar, kemampuan belajar dan terbebasnya mahasiswa tersebut dari berbagai masalah yang mengganggu perkembangan. Namun, keberhasilan studi ini tentu tidak mudah dimiliki oleh seorang mahasiswa jika dalam pelaksanaan pemenuhan tuntutan belajarnya tidak memiliki motivasi dalam belajar, tidak dapat mengontrol diri dengan baik hingga mengganggu aktivitas dalam memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa. Dalam hal ini, peran dosen pembimbing akademik sebagai motivator dalam membimbing mahasiswa menjadi sesuatu yang penting agar mahasiswa mendapat keberhasilan studi dalam perkuliahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa-mahasiswi BKI Angkatan 2016. Proses bimbingan akademik dalam memotivasi belajar mahasiswa BKI angkatan 2016, upaya dan peran Dosen Pembimbing Akademik dalam memotivasi mahasiswa BKI Angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara kepada dosen pembimbing akademik mahasiswa BKI angkatan 2016 dan kepada mahasiswa BKI angkatan 2016 yang telah melakukan bimbingan akademik bersama pembimbing. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran motivasi belajar mahasiswa-mahasiswi BKI Angkatan 2016 pada empat narasumber mahasiswa BKI angkatan 2016, terdapat dua kategori mahasiswa, yaitu W dan Y termasuk mahasiswa bermotivasi belajar tinggi yang berindikasi memiliki hambatan yang sedikit dalam menyelesaikan perkuliahan. Lalu X dan Z bermotivasi belajar rendah yang memiliki hambatan yang cukup sulit sehingga saat ini masih belum menyelesaikan perkuliahannya. Proses bimbingan akademik yang dilakukan dua dosen pembimbing akademik dalam memotivasi belajar mahasiswa BKI angkatan 2016 berdasarkan hasil penelitian relatif berbeda. Namun, pada dasarnya mengikuti prosedur dan ketentuan dari fakultas dengan melakukan bimbingan perencanaan studi melalui Kartu Rencana Studi (KRS), konsultasi kasus mahasiswa, memberikan motivasi dan evaluasi. Upaya yang dilakukan dosen pembimbing akademik dalam memotivasi belajar mahasiswa BKI angkatan 2016 walaupun relatif berbeda dalam metode dan upayanya, narasumber I dan II namun dalam melakukan upayanya sudah maksimal sesuai dengan kebutuhan mahasiswa bimbingannya seperti memberi kalimat-kalimat penyemangat, mengarahkan, memberi saran atau solusi pada masalah yang dihadapi mahasiswa bimbingannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dosen pembimbing akademik; bimbingan akademik; motivasi belajar
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lia Yulianti
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:41
Last Modified: 26 Apr 2021 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38975

Actions (login required)

View Item View Item