Tinjauan Hukum Ekonomi Syari'ah terhadap jual beli menggunakan member card di Indomaret Cipadung Bandung: Studi kasus di Indomaret Jl. Raya Cipadung No. 128 Cipadung Wetan Panyileukan Kota Bandung

Bhinuko, Muhammad Henri (2021) Tinjauan Hukum Ekonomi Syari'ah terhadap jual beli menggunakan member card di Indomaret Cipadung Bandung: Studi kasus di Indomaret Jl. Raya Cipadung No. 128 Cipadung Wetan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh praktik jual beli yang sering terjadi di masyarakat yang bertransaksi di minimarket menggunakan member card di mana seperti diketahui bahwa banyaknya gerai minimarket yang ada khususnya di Kota Bandung. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai praktik jual beli menggunakan member card di Indomaret Cipadung Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme jual beli menggunakan member card di Indomaret Cipadung Kota Bandung dan untuk mengetahui harmonisasi Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap penggunaan member card di Indomaret Cipadung Kota Bandung. Pengguna member card suatu toko tertentu biasanya menarik iuran keanggotaan dan memberikan diskon tertentu sebagai kontra prestasi dari iuran keanggotaan tersebut di mana diskon tersebut didapat oleh user tentunya ketika adanya transaksi jual beli menggunakan member card . Teori yang digunakan terkait permasalahan sebagaimana disebutkan adalah teori mengenai jual beli dalam perspektif hukum ekonomi syariah dan juga teori mengenai gharar. Teori yang digunakan berdasarkan isu syariah yang terjadi pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan secara utuh terkait mekanisme dan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi yang jual beli menggunakan member card. Adapun data yang penulis peroleh berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan dua kesimpulan. Pertama, praktik jual beli menggunakan member card ini didahului dengan mendaftar sebagai user Indomaret Card dengan membayar Rp25.000,00 untuk pembuatan kartu, Rp1.500,00 untuk biaya admin, dan Rp50.000,00 sebagai pengisian minimum saldo awal Indomaret Card di mana perilis kartu Indomaret Card merupakan pihak ketiga yaitu Bank Mandiri dan diskon yang bisa didapat berasal dari budget promosi Bank Mandiri. Kedua, mengenai transaksi jual beli menggunakan member card di Indomaret ini sudah sesuai dengan hukum ekonomi syari’ah dikarenakan tidak ada unsur-unsur yang terlarang ketika melakukan jual beli menggunakan member card. Lebih jelasnya lagi bahwa pembayaran awal untuk member card tersebut bukan sebagai iuran keanggotaan yang kontra prestasinya adalah mendapatkan diskon yang belum detail. Akan tetapi sebagai biaya pembuatan kartu seperti halnya kartu tabungan di berbagai perbankan dan juga diskon yang belum jelas di awal perjanjian pembuatan member card tersebut berasal dari budget promosi pihak perilis kartu yang berarti pemberian diskon tersebut termasuk domain akad tabarru’ yang mana gharar dalam akad tabarru’ itu diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Gharar; Member Card.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhammad Henri Bhinuko
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:06
Last Modified: 27 Apr 2021 01:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38999

Actions (login required)

View Item View Item