Pemberdayaan masyarakat petani melalui program Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S)di Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang

Irna, Irna (2020) Pemberdayaan masyarakat petani melalui program Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S)di Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat Petani Melalui Program Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) (Studi Deskriptif di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Hifa Mandiri Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang). Permasalahan yang terjadi pada Desa Pusakajaya Selatan merupakan masalah yang kompleks terhadap masyarakat petani. Baik dari segi pertanian, ekonomi, sumber daya manusia, serta sumber daya alam. Hal ini pun turut menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Karawang untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan program yang akan disalurkan ke masyarakat Desa Pusakajaya Selatan. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui lebih dalam dan luas tentang proses pemberdayaan sumber daya manusia pertanian serta proses pelaksanaan pelatihan berwawasan agribisnis dan hasil dari pemberdayaan petani dengan adanya pelatihan pertanian. Penelitian ini didasarkan pada kerangka teori struktural fungsionalisme mengenai pembangunan dari Talcott Parsons. Teori struktural fungsionalisme menjelaskan dengan singkatan AGIL yakni,adaptation (A), goal attainment (G), integration (I), dan latency (L) atau pemeliharaan pola. Sementara hasil teori struktural fungsionalisme menjelaskan bahwa pemberdayaan menunjuk pada hasil yang ingin dicapai yaitu masyarakat yang berdaya, memiliki kekuasaan, dan pengetahuan sehingga mampu memenuhi kebutuhan fisik, ekonomi serta sosialnya, dan mampu mandiri dalam menjalankan tugas kehidupannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif yang menggambarkan proses pemberdayaan yang dilakukan oleh lembaga Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). Pengumpulan data dilakukan dari hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala lembaga serta petani yang mengikuti proses pemberdayaan. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini bahwa pelatihan pertanian berwawasan agribisnis memberikan dampak positif untuk keberlangsungan proses pemberdayaan. Hasil pemberdayaan dari program P4S Hifa Mandiri dapat dilihat dari perubahan pola pikir masyarakat mengenai pertanian, memanen sayuran yang dipasarkan ke sejumlah daerah khususnya Jawa Barat, budidaya dari ikan hias air tawar, love bird, dan ternak hewan lainnya yang sangat diminati para pecinta fauna dipasaran. Hal ini pun membawa pengaruh besar pada kemajuan ekonomi masyarakat. Selain itu, masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan suatu lingkungan dan dampak dari adanya menanam pohon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan; Pemberdayaan; P4S;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Irna Irna
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:08
Last Modified: 27 Apr 2021 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39008

Actions (login required)

View Item View Item