Aprianti, Pepi (2019) Penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
Abstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MAN 2 Kabupaten Bandung, menunjukkan bahwa guru kesulitan mengarahkan peserta didik dalam meningkatkan pemahaman konsep pada proses pembelajaran. Model pembelajaran predict observe explain (POE) menjadi solusi yang relevan untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan model POE dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis dikelas XI MIPA 4 MAN 2 Kabupaten Bandung dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik menggunakan model POE pada materi Fluida Statis dikelas XI MIPA 4 MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 MAN 2 Kabupaten Bandung. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan peserta didik selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model POE mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 91 % dengan kategori sangat baik dan aktivitas Peserta didik sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian model POE dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | predict-observe-explain; pemahaman konsep; fluida statis |
Subjects: | Miscellany of Technology and Applied Sciences Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Pepi Aprianti |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 00:47 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 00:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39029 |
Actions (login required)
View Item |