Penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis

Aprianti, Pepi (2019) Penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MAN 2 Kabupaten Bandung, menunjukkan bahwa guru kesulitan mengarahkan peserta didik dalam meningkatkan pemahaman konsep pada proses pembelajaran. Model pembelajaran predict observe explain (POE) menjadi solusi yang relevan untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan model POE dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis dikelas XI MIPA 4 MAN 2 Kabupaten Bandung dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik menggunakan model POE pada materi Fluida Statis dikelas XI MIPA 4 MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 MAN 2 Kabupaten Bandung. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan peserta didik selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model POE mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 91 % dengan kategori sangat baik dan aktivitas Peserta didik sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian model POE dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: predict-observe-explain; pemahaman konsep; fluida statis
Subjects: Miscellany of Technology and Applied Sciences
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Pepi Aprianti
Date Deposited: 28 Apr 2021 00:47
Last Modified: 28 Apr 2021 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39029

Actions (login required)

View Item View Item