Solidaritas sosial mahasiswa ditengah pandemi Covid-19 : Studi deskriptif gerakan mahasiswa UIN Bandung dalam menanggapi kebijakan UKT semester ganjil tahun 2020-2021 di media sosial Twitter

Maulana, Andi (2021) Solidaritas sosial mahasiswa ditengah pandemi Covid-19 : Studi deskriptif gerakan mahasiswa UIN Bandung dalam menanggapi kebijakan UKT semester ganjil tahun 2020-2021 di media sosial Twitter. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 banyak mempengaruhi berbagai aspek terkhusus di masyarakat Indonesia, dari mulai aspek sosial,ekonomi, budaya, politik dan aspek lainnya. Beberapa keluarga mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati terdampak penurunan ekonomi dari Covid-19. Namun pihak kampus mengeluarkan kebijakan UKT yang dirasa mahasiswa memberatkan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati, alam menyikapi ini mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati melakukan gerakan aksi virtual di media sosial twitter bermaksud untuk meningkatkan solidaritas mahasiswa dalam menanggapi kebijakan UKT di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan, 1)untuk mengetahui alasan terbentuknya solidaritas sosial mahasiswa ditengah pandemi covid-19. 2)untuk mengetahui bentuk daripada solidaritas sosial mahasiswa itu sendiri. Teori yang dipakai pada penelitian adalah teori ashabiyah yang dipelopori oleh sosiolog muslim yaitu ibnu khaldun. Istilah ashabiyah oleh Franz Rosenthal diartikan sebagai group feeling dan secara harfiah disebut dengan solidaritas kelompok Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Yang kemudian data ini menjadi data yang berbentuk kualitatif seperti hasil wawancara dengan informan, observasi permasalahan yang terjadi, kemudian hasil dokumentasi dari media sosial Twitter. Hasil penelitian yang ditemukan terbentuknya solidaritas mahasiswa ditengah pandemi covid-19 dikarenakan agenda rutinan dari organisasi mahasiswa tentang kebijakan UKT, lalu kemenag ngeprank, kemudian SK Rektor tentang kalender akademik yang mengaharuskan pembayaran UKT semster ganjil 2020/2021 bagi mahasiswa yang mengikuti KKN harus membayar UKT terlebih dahulu dari rangkaian ini terbentuklah solidaritas mahasiswa melalui gerakan mahasiswa aksi virtual dengan tagar #GunungDjatiMenggugat di media sosial twitter. Solidritas mahasiswa di masa pandemi Covid-19 pada gerakan mahasiswa aksi virtual #Gunung-DjatiMenggugat di media sosial twitter yang mana alasan mahasiswa mengikuti aksi tersebut dikarenakan memiliki rasa solidaritas yang sama yaitu mencari keadilan dari sebuah kebijakan UKT sememster ganjil 2020/2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Twitter;gerakan mahasiswa;solidaritas sosial;covid-19
Subjects: Social Process > Public Opinion
Social Process > Conflict Social
Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Andi Maulana
Date Deposited: 29 Apr 2021 00:58
Last Modified: 29 Apr 2021 00:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39042

Actions (login required)

View Item View Item