Pemberitaan pelaku kekerasan terjadap jurnalis saat kebakaran Gereja Christ Cathredral : Analisis wacana kritis model Teun A.Van dijk tentang berita pelaku terhadap kekerasan jurnalis saat kebakaran Gereja Christ Cathredral pada website AJI April 2020

Ramdani, Dani (2021) Pemberitaan pelaku kekerasan terjadap jurnalis saat kebakaran Gereja Christ Cathredral : Analisis wacana kritis model Teun A.Van dijk tentang berita pelaku terhadap kekerasan jurnalis saat kebakaran Gereja Christ Cathredral pada website AJI April 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy

Abstract

Intimidasi peliputan dan Kekerasan fisik pada wartawan sering kali ditemui. Di era kebebasan informasi yang nyaris tanpa restriksi ini, nampaknya jaminan hukum terhadap profesi wartawan masih saja menemui kerikil tajam. AJI mencatat kasus kekerasan terhadap jurnalis yang cukup mencolok di antaranya adalah kejadian yang menimpa jurnalis foto Media Indonesia, Fransisco Carolio Hutama Gani saat meliput kebakaran di Gereja Basilea Christ Cathedral kawasan Paramount Serpong, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin (27/4/2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks soial dalam pemberitaan suatu kasus kekerasan terhadap jurnalis pada laman Website AJI. Dalam analisis wacana ini Van Djik mengamati bagaimana pandangan wartawan dan strateginya dalam membuat berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan memakai pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Dalam pendekatan ini, Van Dijk mengelaborasi ketiga elemen ini yaitu analisis mengenai teks, yang bagaimana analisis teks tersebut dibentuk melaluli kognisi sosial, dari penulis/wartawan dan juga bagaimana konteks sosial yang terjadi. Dan pendekatan itu di ambil agar mendapatkan hasil penelitian yang mendalam. hasil peneltian diketahui bahwa pertama dimensi teks, secara umum pemberitaan tersebut penulis AJI menyusun tulisannya berdasarkan kaidah jurnalistik. Mengutamakan fakta dan data yang didapat dari narasumber yang kredibilitasnya tidak diragukan. Selain itu penulisan dilakukan dengan melibatkan pernyataan dari berbagai pihak yang bersangkutan. dimensi kognisi sosial penulis AJI memposisikan dirinya sebagai wartawan dan advokator. Ia melakukan pembelaan melalui pemberitaanya di Website AJI. Sejauh ini, ia memandang kasus kekerasan terhadap jurnalis di gereja christ cathedral merupakan Tindakan pidana dan HAM. pada dimensi konteks sosial Pemberitaan menyoal kekerasan terhadap jurnalis ini bertujuan mengedukasi dan memantik kesadaran masyarakat agar lebih menghargai kinerja jurnalis saat melakukan peliputan dilapangan. Namun soal penilaian sudut pandang masyarakat bagaimana merespon kasus ini, ini Kembali kepada masyarakatnya itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Van Dijk;Kekerasan;Jurnalis;AJI;Gereja
Subjects: Civil Rights > Political Rights
International Relations > Foreign Relations of Indonesia
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dani Ramdani
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:43
Last Modified: 29 Apr 2021 07:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39049

Actions (login required)

View Item View Item