Pembuatan media pembelajaran Sudoku Puzzles pada materi sistem periodik unsur

Sauri, Supyan (2020) Pembuatan media pembelajaran Sudoku Puzzles pada materi sistem periodik unsur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis uji validasi produk media pembelajaran Sudoku Puzzles pada materi Sistem Periodik Unsur dan mendeskripsikan tampilan produk media pembelajaran Sudoku Puzzles pada materi Sistem Periodik Unsur. Tahapan penelitian ini menggunakan metode Design Base Research (DBR) untuk mengembangkan media pembelajaran Sudoku Puzzles pada materi Sistem Periodik Unsur sebagai proses pembelajaran yang dapat menantang siswa melalui sebuah permainan. Penelitian ini menggunakan metode DBR dengan desain ADDIE terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Berdasarkan instrumen yang digunakan yaitu Flowchart dan storyboard dilakukan pembuatan media pembelajaran Sudoku Puzzles kemudian dilakukan uji validasi kepada tiga validator yaitu kepada ahli media, ahli pembelajaran dan ahli pada konten. Data hasil validasi menunjukkan nilai rhitung 0,89 dengan demikian media pembelajaran Sudoku Puzzles dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai alat bantu pada proses pembelajaran materi Sistem Periodik Unsur. kemudian pada tampilan pada media ini menghasilkan bentuk tiga dimensi berupa papan sudoku puzzles yang berfungsi sebagai arena permainan, kemudian kepingan unsur sebagai alat permaianan dan kartu bank soal sebagai alat untuk menguji pengetahuan pemain pada materi sistem periodik unsur. This study aims to analyze the validation test of Sudoku Puzzles learning media products on Element Periodic System materials and describe the appearance of Sudoku Puzzles learning media products on Element Periodic System materials. This research stage uses Design Base Research (DBR) method to develop Sudoku Puzzles learning media on Element Periodic System material as a learning process that can challenge students through a game. This research uses DBR method with ADDIE design consisting of Analysis, Design, and Development. Based on the instruments used, namely Flowchart and storyboard, sudoku puzzles are created and then validation tests are conducted to three validators, namely media experts, learning experts and experts on content. The validation data shows a rhitung value of 0.89 thus Sudoku Puzzles learning media is declared valid and can be used as a tool in the material learning process of Periodic Element System. then on the display on this media produces a three-dimensional form in the form of sudoku puzzles board that serves as a game arena, then pieces of elements as a game tool and bank card questions as a tool to test the player's knowledge on the periodic system material elements.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Periodik Unsur; Media Pembelajaran; Sudoku; Puzzles
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science > Chemists
Game of Chance > Games with Numbers
Game of Chance > Card Games
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Supyan Sauri
Date Deposited: 04 May 2021 02:30
Last Modified: 04 May 2021 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39085

Actions (login required)

View Item View Item