Konstruksi pemberitaan PSBB jilid II Jakarta pada media online Katadata.co.id: Analisis Framing model Robert N. Entman terhadap pemberitaan PSBB jilid II Jakarta pada media online Katadata.co.id edisi 9 September-12 Oktober 2020

Respatiningrum, Dhian (2021) Konstruksi pemberitaan PSBB jilid II Jakarta pada media online Katadata.co.id: Analisis Framing model Robert N. Entman terhadap pemberitaan PSBB jilid II Jakarta pada media online Katadata.co.id edisi 9 September-12 Oktober 2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Gagasan penelitian ini muncul saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada 9 September 2020 mengumumkan akan mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat jilid dua yang dimulai kembali di ibu kota pada 14 September 2020. Banyak media yang kemudian memberitakan kebijakan pemerintah tersebut, media online yang turut menyebarluaskan pemberitaan ini salah satunya adalah Katadata.co.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan portal berita online yang dilihat dari perspektif media tersebut dalam mengkonstruksi sejumlah berita seputar PSBB Jilid II Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi berupa pengumpulan berita terkait PSBB Jilid II Jakarta pada Media Online Katadata.co.id Edisi 9 September-12 Oktober 2020. Landasan teori yang digunakan untuk menganalisa pemberitaan tersebut yaitu Konstruksi Realitas Sosial untuk memperlihatkan bahwa ada sebuah cara media massa demi menata cara pandang khalayak; dan teori Pembingkaian (framing) untuk mengetahui bagaimana perspektif wartawan dalam memilih isu dan menulis berita. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis framing. Metode analisis framing yang dipakai yaitu analisis framing model Robert N. Entman. yaitu Pendefinisian Masalah (define problems), Perkiraan Penyebab Masalah (diagnose causes), Pembuatan Keputusan Moral (make moral judgement), dan Penekanan Penyelesaian Masalah (treatment recommendation). Berdasarkan dari hasil analisis framing model Robert N. Entman mendapatkan kesimpulan bahwa konstruksi pemberitaan di Katadata.co.id dilihat dari model Robert N. Entman yaitu: 1. Pendefinisian Masalah (define problems) dari berita ini adalah Gubernur DKI Jakarta mengambil keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat yang kedua secara darurat; 2. Perkiraan Penyebab Masalah (diagnose causes) berita ini yaitu karena tingkat kasus positif di DKI Jakarta sudah melebihi ketentuan tingkat keamanan WHO, serta ketersediaan tempat tidur ICU di rumah sakit rujukan sudah sedikit dan angka kematian di DKI Jakarta akibat kasus Covid-19 pun meningkat; 3. Pembuatan Keputusan Moral (make moral judgement) berita ini yakni tidak ada pilihan lain selain menerapkan kebijakan PSBB ketat seperti awal pandemi; 4. Penekanan Penyelesaian Masalah (treatment recommendation) berita ini yaitu Pemprov resmi memberlakukan kebijakan PSBB ketat jilid dua dimulai pada 14 September 2020 dan segala aktivitas dibatasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita; PSBB; Framing
Subjects: Indonesia
Journalism and Newspapers in Indonesia
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dhian Respati Ningrum
Date Deposited: 05 May 2021 02:31
Last Modified: 05 May 2021 02:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39198

Actions (login required)

View Item View Item