Al-Haq, Syahdan (2020) Pengaruh intensitas belajar akidah akhlak terhadap sikap sopan santun siswa : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Darusalam Arjasari. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan penulis yang dilakukan di MTs Darusalam Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung melalui informasi yang didapatkan dari guru mata pelajaran akidah akhlak menunjukan bahwa masih ada siswa kelas VIII yang belum mampu bersikap sopan dan santun terhadap guru, seperti tidak mengucapkan salam ketika bertemu guru, tidak mencium tangan guru ketika bertemu, mengacuhkan ketika dinasehati guru, meninggikan nada ketika berbicara dengan guru. Maka disinilah peran intensitas belajar akidah akhlak yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak agar siswa mampu merubah tingkah lakunya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas intensitas belajar akidah akhlak kelas VIII di MTs Darusalam Arjasari; 2) Realitas sikap sopan santun siswa kelas VIII di MTs Darusalam Arjasari; dan 3) Pengaruh intensitas belajar akidah akhlak terhadap sikap sopan santun siswa kelas VIII MTs Darusalam Arjasari Penelitian ini berdasarkan pada suatu pemikiran bahwa sikap termasuk hasil belajar yang dapat berubah karena kondisi dan pengaruh yang diberikan. Maka dari itu, sikap sopan santun diasumsikan dapat dipengaruhi oleh intensitas belajar akidah akhlak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode metode deskriptif korelatif. Responden terdiri dari 30 siswa kelas VIII MTs MTs Darusalam Arjasari Kabupaten Bandung. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, studi pustaka, wawancara dan analisis data penelitian menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Intensitas belajar akidah akhlak kelas VIII di MTs Darusalam Arjasari memiliki nilai rata-rata sebesar 4,31. Angka tersebut berada pada interval 4,20-5,00, artinya intensitas belajar siswa berkategori sangat tinggi; 2) Sikap sopan santun siswa kelas VIII di MTs Darusalam Arjasari memiliki nilai rata-rata sebesar 4,48. Angka tersebut termasuk pada kategori sangat baik karena berada pada interval 4,20-5,00. Artinya siswa kelas VIII di MTs Darusalam memiliki sikap sopan santun yang sangat baik; 3) Pengaruh intensitas belajar akidah akhlak terhadap sikap sopan santun siswa berkategori cukup karena koefisien korelasi 0,50. Kadar pengaruh variabel X (intensitas belajar akidah akhlak) terhadap variabel Y (sikap sopan santun siswa) adalah sebesar 13%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain sebesar 87% yang dapat mempengaruhi sikap sopan santun siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran;Akidah Akhlak; sopan santun |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahdan Al-haq |
Date Deposited: | 10 May 2021 04:54 |
Last Modified: | 10 May 2021 04:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39202 |
Actions (login required)
View Item |