Faktor-faktor perubahan gaya hidup masyarakat di era globalisasi: Studi deskriptif tentang perilaku dan gaya hidup remaja di Kampung Rancajigang Desa Padamulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung

Suci, Nur Ardiani Cita (2021) Faktor-faktor perubahan gaya hidup masyarakat di era globalisasi: Studi deskriptif tentang perilaku dan gaya hidup remaja di Kampung Rancajigang Desa Padamulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan globalisasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat tidak hanya memberikan tantangan dan juga peluang melainkan dampak yang begitu besar terhadap perilaku dan gaya hidup remaja. Salah satu dampak dari globalisasi terhadap perilaku dan gaya hidup remaja ialah berkembangnya ilmu teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin canggih sehingga memudahkan remaja untuk melakukan segala aktivitasnya. Dampak globalisasi baik itu positif maupun negatif telah terjadi pada remaja khususnya di Kampung Rancajigang Desa Padamulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model perilaku gaya hidup remaja, kegiatan yang di lakukan remaja, serta dampak perubahan globalisasi dalam perilaku gaya hidup remaja di Kampung Rancajigang Desa Padamulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teori Pertukaran Peter Blau. Teori Pertukaran yaitu proses-proses interaksi tatap muka antar individu untuk memahami struktur-struktur sosial yang berkembang serta kekuatan-kekuatan sosial yang memberikan ciri atau sebuah tanda pada perkembangan struktur tersebut. Blau memusatkan bahwa proses pertukaran ialah proses manusia dan hubungan di antara individu atapun kelompok, serta proses pertukaran pribadi yang mengarah pada struktur menuju perubahan sosial. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana jenis, sumber, teknik serta analisis penggunaan data di lakukan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk naratif sehingga hasil penelitian atas fenomena yang diteliti lebih realistis dan sesuai dengan fakta. Studi dalam penelitian ini yaitu remaja yang mengalami dampak dari era globalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan ilmu teknologi, informasi dan komunikasi di era globalisasi memberikan dampak di berbagai aspek kehidupan, termasuk pada perubahan perilaku dan gaya hidup remaja, baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak positif yang banyak dirasakan ialah mudahnya interaksi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung, segala aktivitas bisa dilakukan dengan mudah melalui teknologi. Namun dampak negatifnya yaitu ketergantungan dengan teknologi, sehingga budaya luar yang masuk dengan mudahnya juga menjadi contoh yang tidak pantas untuk ditiru oleh remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Globalisasi; Perilaku dan Gaya Hidup; Remaja
Subjects: Ethics of Social Relations
Customs of Life Cycle and Domestic Life
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nur Ardiani Cita Suci
Date Deposited: 17 May 2021 01:29
Last Modified: 17 May 2021 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item View Item