Penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial : Studi kasus wilayah hukum Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar

Aini, Atika Rahmadatil (2021) Penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial : Studi kasus wilayah hukum Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Kepolisian sebagai lembaga penegakan hukum didalam menangani kasus pencemaran nama baik sesuai ketentuan pada Pasal 27 Ayat (1) Jo. Pasal 45 Ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dihubungkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 seringkali mengalami kesulitan didalam penyidikan pengungkapan tersangka dan penyitaan barang bukti. Kepolisian dituntut untuk bersikap profesional. Akan tetapi berdasarkan data dilapangan kurang maksimal penegakan hukumnya dilihat dari kasus pencemaran nama baik belum terselesaikan dengan baik. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu, Bagaimanakah penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial di wilayah hukum Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar terkait Undang-Undang Nomor. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, bagaimanakah kendala yang dihadapi kepolisian dalam pelaksanaan penegakan hukum, bagaimanakah upaya yang dilaksanakan oleh kepolisian untuk mengatasi kendala dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik. Penelitian dalam srkripsi ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial di wilayah hukum Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar, untuk mengetahui kendala dalam penegakan hukum serta upaya yang dilaksanakan kepolisian terhadap kendala dalam penegakan hukum tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan spesifikasi penelitian deksriptif analistis dengan pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian dengan menitikberatkan pada aspek peraturan perundang-undangan dengan permasalahan yang diangkat, di hubungkan dengan kenyataan lapangan didalam prakteknya. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian membuktikan bahwa dalam pelaksanaan penegakan hukum oleh Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar terdapat kendala yaitu belum memiliki Investigation Satelit Office (CCISO) dan Laboratorium Strategic Informasi and Tactical Operation Centre (SITOC), Masih sedikit penyidik yang profesional dalam memahami kasus cybercrime, Masyarakat masih belum memiliki kesadaran yang penuh akan pentingnya menghargai hak asasi setiap orang. Untuk mengatasi kendala, upaya Preventif pihak kepolisian melakukan sosialisasi terkait cyber crime. Selain itu melakukan pendidikan atau pelatihan khusus bagi penyidik agar profesional di dalam penanganan kasus dibidang cybercrime yaitu pencemaran nama baik serta menambah anggota, upaya represif pihak kepolisian memproses setiap kasus Tindak Pidana Siber yang ditangani sesuai dengan aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum; Pencemaran Nama Baik; Media sosial
Subjects: Law > Dictionaries and Encyclopedia of Law
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: atika rahmadatil aini
Date Deposited: 19 May 2021 01:27
Last Modified: 19 May 2021 01:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39289

Actions (login required)

View Item View Item