Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan tambang pasir PT Nuyan Group dihubungkan dengan pasal 74 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas

Putri, Almalia Salsadila (2021) Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan tambang pasir PT Nuyan Group dihubungkan dengan pasal 74 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Di Indonesia, CSR menjadi suatu kewajiban terutama Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam. Hal ini tecantum dalam Pasal 74 Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007. Akan tetapi dalam kenyataan perusahaan tambang pasir melaksanakan CSR tersebut hanya pada saat perusahaan itu baru didirikan, untuk selanjutnya pihak perusahaan tidak melaksanakan Program yang menunjang CSR. Dan hanya mengeruk kekayaan alam di desa sekitar gunung dan menimbulkan dampak seperti kendaraan besar serta alat-alat berat merusak jalan menuju desa, aspal mengelupas, dan jalan bergelombang serta berlubang dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait dengan pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di salah satu perusahaan tambang pasir di Cianjur yaitu PT Nuyan yang dihubungkan dengan Pasal 74 Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut penelitian penulis, dan metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris. Dengan metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Peneltian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah melalui obsevasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bahwa mekanisme pelaksanaan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang selama ini dijalankan oleh PT Nuyan pada awalnya dengan memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat. Tetapi Perusahaan hanya memberikan semua yang dibutuhkan ketika mereka baru datang ke desa tersebut untuk mendirikan perusahaan sekitar tahun 2011, untuk selebihnya semuanya dilakukan seadanya dan seingat perusahaan saja. Kendala terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) yang Dilakukan oleh Perusahaan Tambang Pasir PT Nuyan Group. Pada dasarnya hambatan atau rintangan yang timbul dalam pelaksanaan CSR sebagai perilaku etika dapat berasal dari dalam diri pelaku bisnis/perusahaan (hambatan internal) dan berasal dari luar diri perusahaan (hambatan eksternal). Upaya dalam mengatasi kendala terhadap pelaksanaan CSR oleh Perusahaan Tambang Pasir PT Nuyan ini harus meninjau beberapa aspek yaitu dengan membenahi lagi program yang ada yang telah dilakukan oleh PT Nuyan, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi, Lingkungan dan infrastruktur dan Sosial Budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Perseroan Terbatas; Pertambangan Galian Pasir
Subjects: Law
Law > Organization and Management of Law
Law > Comparative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Almalia Putri
Date Deposited: 27 May 2021 02:11
Last Modified: 27 May 2021 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39354

Actions (login required)

View Item View Item