Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham : Studi di PT. Astra Agro Lestari,Tbk periode 2010-2019

Abdullah, Rita Amalia (2021) Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham : Studi di PT. Astra Agro Lestari,Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Harga Saham penting bagi perusahaan karena hal tersebut merupakan salah satu alasan utama yang mendasari para investor untuk membeli saham sebagai bentuk investasi pada perusahaan. Harga saham pada perusahaan selalu fluktuatif atau bergerak naik turun. Pergerakan inilah yang memberikan keuntungan atau return kepada para investor. Return merupakan faktor utama yang menarik investor untuk berinvestasi. Maka dari itu para investor membutuhkan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham baik eksternal maupun internal. Salah satu indikator dalam laporan keuangan yang dapat mempengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi adalah ROA dan DER. Semakin tinggi nilai ROA maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapat. Kemudian apabila nilai DER rendah atau kecil maka tanggung jawab atau beban perusahaan tersebut rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris dan menganalisis pengaruh faktor internal perusahaan berupa Return On Asset dan Debt Equity Ratio terhadap Harga Saham Studi pada PT Astra Agro Lestari Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2010-2019 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif, adapaun sumber data penilitian ini adalah data sekunder. Sampel berjumlah 10 tahun dari kurun waktu 2010-2019 pada PT Astra Agro Lestari Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2010-2019. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis statistik yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis uji hipotesis Uji-t, Uji-F, analisis korelasi dan koefisien determinasi dengan metode pendekatan data Time Series. Return On Asset sebagai variabel X1, Debt Equity Ratio sebagai variabel X2, serta Harga Saham sebagai variabel Y. Adapun perhitungan dalam mengolah data menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menujukan bahwa pada alpha 0,05 (1) Return On Asset berpengaruh terhadap Harga Saham dengan thitung 3,107 dan ttabel 2,365 (2) Debt Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan thitung 1,204 dan ttabel 2,365 (3) serta (4) Return On Asset dan Debt Equity Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham dengan Fhitung 5,262 dan Ftabel 4,46 dengan hasil koefisien determinasi (R2) 48,6% dari variabel Return On Asset dan Debt Equity Ratio Studi pada PT Astra Agro Lestari Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2010-2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset; Debt to Equity Ratio; Harga Saham
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rita Amalia Abdullah
Date Deposited: 21 May 2021 02:53
Last Modified: 21 May 2021 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39372

Actions (login required)

View Item View Item