Erviana, Widya Nur (2021) Strategi Khitobah remaja masjid : Studi deskriptif remaja Islam Masjid Besar Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
Abstract
Eksistensi komunitas-komunitas serta organisasi-organisasi dakwah menjadi salah satu alat bagi para pelaku dakwah melakukan kegiatan dakwahnya dalam bentuk khitobah (dakwah bil lisan). Kegiatan dakwah khitobah ditandai dengan banyaknya kegiatan kajian, ceramah rutinan, tabligh akbar dan seminar keIslaman yang diinisiasi atau diselenggarakan oleh komunitas atau organisasi dakwah. Salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang khitobah adalah Risma Ciparay. Sesuai dengan latar belakang tersebut, maka penulis menetapkan Remaja Islam Masjid Besar Kecamatan Ciparay sebagai objek penelitian. Berdasarkan landasan dan latar belakang tersebut fokus dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan kegiatan khitobah yang dilakukan Remaja Islam Masjid Besar Kecamatan Ciparay?, Bagaimana materi khitobah yang digunakan Remaja Islam Masjid Besar Kecamatan Ciparay?, dan Bagaimana metode khitobah yang digunakan Remaja Islam Masjid Besar Kecamatan Ciparay? Remaja Islam Masjid Besar Kecamatan Ciparay sebagai media dakwah bil lisan dalam bentuk khitobah dijadikan bahan objek penelitian. Penelitian ini berdasarkan pada studi deskriptif yang dimaksudkan untuk mengetahui perencanaan kegiatan khitobah, materi khitobah, dan metode khitobah. Dengan menggunakan teori pesan pada tradisi sosiopsikologis diantaranya teori Charles Berger mengenai teori perencanaan kegiatan komunikasi, teori John Greene mengenai teori penyusunan pesan, dan Marwell dan David Schimitt mengenai teori model pemilihan strategi, bertujuan untuk mengetahui kesimpulan yang valid dan mengetahui strategi khitobah yang digunakan untuk bisa mencapai tujuan serta pemenuhan yang diinginkan. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan bertujuan untuk mempermudah penganalisaan dalam mengetahui permasalahan pada tema yang dibahas untuk dapat diklasifikasikan berdasarkan fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terhadap Risma Ciparay dapat diuraikan bahwa dalam melaksanakan kegiatan khitobahnya Risma Ciparay tentu menggunakan strategi untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini Risma Ciparay melalukan perencanaan khitobah dimulai dengan melakukan analisa situasi, identifikasi masalah, menentukan tujuan program serta mengkaji hambatan dan kelemahan program, kemudian disusun sebagai rencana program kerja. Mengenai materi khitobah yang biasa disampaikan pada saat kegiatan kajian rutin berlangsung ialah seputar akidah, syariat, muamalah, dan akhlak. Risma Ciparay menggunakan dua metode khitobah yakni hikmah dan maw'izah al-hasanah dengan menggunakan teknik khitobah scanning and levelling, applied learning method dan motivating. Dengan demikian fokus yang menjadi bahan penelitian telah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Khitobah:Remaja Masjid |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid Postal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Widya Nur Erviana |
Date Deposited: | 24 May 2021 06:36 |
Last Modified: | 24 May 2021 06:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39423 |
Actions (login required)
View Item |