Pengaruh tingkat pendidikan terhadap partisipasi masyarakat: Studi korelasi pada program pemberdayaan lingkungan di Kampung Sabilulungan Bersih Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Nursyabani, Siti Azkia Labibah (2020) Pengaruh tingkat pendidikan terhadap partisipasi masyarakat: Studi korelasi pada program pemberdayaan lingkungan di Kampung Sabilulungan Bersih Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Hari ini pemerintah Kabupaten Bandung sedang menggalakkan program Kampung Sabilulungan Bersih untuk mencapai 1000 Kampung yang berwawasan lingkungan (Aryana, 2019). Tentu hal ini tidak dapat terwujud apabila tidak ada dorongan dari masyarakat terkait yang kita sebut sebagai partisipasi. Di Desa Rancaekek Kulon rupanya telah berjalan program pemberdayaan lingkungan sebelum menjadi Kampung Saber dan dapat dikatakan berhasil sehingga mendorong kesuksesan Kampung Saber di Desa tersebut. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan ini seperti jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan dan tentu tingkat Pendidikan juga faktor-faktor lainnya baik faktor internal dari masyarakat itu sendiri ataupun faktor eksternal yaitu faktor dari luar masyarkat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat Pendidikan masyarakat di Desa Rancaekek Kulon dan partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan lingkungan di Desa Rancaekek Kulon. Kemudian tujuan selanjutnya dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari tingkat pendidikan terhadap partisipasi masyarakat di Desa Rancaekek Kulon dalam program pemberdayaan lingkungan tersebut. Penelitian ini mengacu pada tingkat pendidikan yang bukan hanya dari sisi jenjang Pendidikan yang telah/sedang ditempuh. Melainkan juga mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor seperti yang dikatakan oleh Benjamin Bloom dalam bukunya mengenai Taksonomi Bloom pada tahun 1956. Partisipasi yang dimaksud juga terdiri dari empat tahapan seperti yang dikatakan oleh John Cohen dan Norman Uphoff dalam bukunya mengetai Rural Development Participation yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan Teknik observasi wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang rendah tapi pasti dari tingkat Pendidikan terhadap partisipasi masyarakat di Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung yaitu sebesar 0,142. Tingkat Pendidikan terhadap partisipasi ini dapat diketahui memiliki pengaruh sebesar 14,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan lingkungan kampung sabilulungan bersih di Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan; Partisipasi Masyarakat; Pemberdayaan Lingkungan; Kampung Sabilulungan Bersih.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Azkia Labibah Nursyabani S
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:57
Last Modified: 06 Dec 2021 08:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39447

Actions (login required)

View Item View Item