Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo episode 23, 70, 72, 127, 149 untuk membina akhlak siswa sehari-hari

Marliyana, Maya (2020) Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo episode 23, 70, 72, 127, 149 untuk membina akhlak siswa sehari-hari. Sarjana thesis, UIN SUNANA GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya tindakan perilaku yang menyimpang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. Ketidaksesuaian ini salah satunya diakibatkan karena semakin maju peradaban membuat semakin meluasnya perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan Islam, salah satunya dari tontonan, secara tidak langsung dapat melemahkan karakter anak bangsa sehingga mudah sekali dalam berbuat tidak baik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, 1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo episode 23, 70, 72, 127, 149, 2) cara membina akhlak siswa sehari-hari. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa apa yang dilihat anak sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan, termasuk dari segi akhlak yang dapat mempengaruhi perilaku dan perbuatan yang dilakukan oleh anak. Film animasi Adit dan Sopo Jarwo ini dilakukan penelitian berdasarkan kajian teoritis mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak serta cara membina akhlak siswa sehari-hari, banyak cerita yang mengangkat mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak yang bisa ditiru oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen dengan menggunakan film animasi Adit dan Sopo Jarwo, film animasi tersebut diambil dari aplikasi youtube yang berbentuk video. Dalam teknis analisis data ini terdiri dari aktivitas analisis seperti: membuat rangkuman, memilih tema, dan kategori tertentu. Adapun penyajian data penelitian ini diambil dari beberapa episode difokuskan kebeberapa adegan kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh simpulan bahwa di dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo episode 23, 70, 72, 127, 149 terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak seperti: 1) akhlak terhadap Allah swt yaitu berdoa, bersyukur, mengingat allah (dzikrullah), 2) akhlak terhadap diri sendiri yaitu jujur, 3) akhlak terhadap keluarga yaitu berbuat baik terhadap ibu bapak, kemudian membina dan mendidik keluarga, 4) akhlak terhadap masyarakat yaitu musyawarah dan saling tolong menolong, 5) akhlak terhadap alam yaitu sadar dan memelihara kelestarian alam. Film ini dapat digunakan untuk membina akhlak siswa sehari-hari dikarenakan sebagai pembinaan secara tidak langsung, yaitu melalui video animasi kemudian terdapat cara membina akhlak siswa seperti dengan cara memberikan contoh keteladanan, menasehati, apabila nasehat tidak berpengaruh terhadap siswa dapat dilakukan dengan cara hukuman, kemudian dengan mengambil pembelajaran dari pengalaman yang telah terjadi. Kata kunci : Nilai-nilai pendidikan akhlak, Film animasi Adit dan Sopo Jarwo. ABSTRACT ENGLISH : The research is motivated by the many deviant behavior that are not in accordance with the teachings of the prophet. One of the causes of this discrepancy is because the more of the advanced civilization is the more widespread behavior is not in accordance with the objectives of islamic education, one of them is from spectacle, inderactly it can weaken the character of the nation’ children that it is easy to do bad things. The purpose of the research is to find out, 1) the values contained in the animated film animation Adit and Sopo Jarwo episodes 23, 70, 72, 127, 149, 2) how to build students daily morals. This research is based on the idea that what children see has a big influence on development and growth, including in terms of morals that can influence the behavior and actions of children. The animated film Adit and Sopo Jarwo was conducted based on a theoretical study of the value of moral education and how to build students daily morals, they are many stories about the value of morals education that can be imitated by children in everyday life. The research uses qualitative approach with a descriptive analysis method, the data collection technique used was document study using the animated film Adit and Sopo Jarwo, the animated film was taken from the youtube application, in technical analysis, data consist of anatycal activities which: consist of making sumarry, selecting a particular theme and category. Presenting data from several episodes focused on several scenes and drawing conclusions. Based on the data analysis, it is conclude that in the animated film Adit and Sopo Jarwo episodes 23, 70, 72, 127, 149 the are values of moral education such as, 1) morals towards Allah swt, namely praying, giving thanks, remembering Allah, 2) morals towards oneself namely being honest, 3) morals towards the family, namely doing good to the mother and father than fostering and educating the family, 4) morals towards society, namely deliberation and mutual assistance, 5) moral towards nature, namely being aware of and preserving nature, this film can be used to build students daily morals because it is an indirect guidance, namely trough animated videos, then there are ways to build students morals such as by advising, if advice dose not effect students it can be done by the punishment then by taking leassons, from experiences have occurred. Keywords: The value of moral education Adit and Sopo Jarwo animated film.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan akhlak; Film animasi Adit dan Sopo Jarwo;
Subjects: Public Performances > Motion Pictures, Movies
Philosophy and Theory of Literatures > Value, Influence, Effect of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maya Marliyana
Date Deposited: 27 May 2021 03:57
Last Modified: 27 May 2021 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39459

Actions (login required)

View Item View Item