Interaksi sosial antara mahasiswa pendatang dengan warga : Studi kasus mahasiswa UPI Cibiru di RW 13 Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Ahsan, Azhar Fauzan (2021) Interaksi sosial antara mahasiswa pendatang dengan warga : Studi kasus mahasiswa UPI Cibiru di RW 13 Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Bertemunya mahasiswa UPI Cibiru dengan masyarakat lokal atau masyarakat sekitar pasti akan berinteraksi satu sama lain. Interaksi tersebut akan mengalami situasi yang berbeda dengan kehidupan asalnya. Melalui interaksi sosial kehidupan dalam suatu masyarakat nampak akan dinamis dan masing-masing individu atau kelompok dalam suatu masyarakat akan saling mempengaruhi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik melalui sikap, prilaku, maupun pemikiran-pemikiranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pola interaksi sosial yang dilakukan antar mahasiswa UPI Cibiru dengan masyarakat RW 13 Cibiru Wetan 2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat mahasiswa UPI Cibiru dalam berinteraksi dengan masyarakat RW 13 Cibiru Wetan, dan 3) Untuk mengetahui peran yang dilakukan mahasiswa UPI Cibiru dalam berinteraksi dengan masyarakat RW 13 Cibiru Wetan. Teori yang digunakan pada penelitiann ini adalah teori interaksi sosial George Simmel yaitu kehidupan sosial terdiri dari individu dan kelompok yang sadar dan melakukan interaksi untuk berbagai tujuan, motif dan kepentingan. Adapun proses interaksi sosialnya dengan proses asosiatif dan proses disosiatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan juga dokumentasi, adapun analisis penelitiannya dengan menyimpulkan dan mengkorelasikan antara hasil penelitian dengan teori interkasi sosial George Simmel. Pola interaksi sosial yang terjadi dalam proses interaksi sosial dari proses asosiatif dalam hal kerjasama mahasiswa dan masyarakat saling mengingatkan dan juga mentaati aturan yang berlaku di RW.13 Cibiru Wetan agar supaya lantas kemudian terciptanya sebuah ketertiban dilingkungan RW.13 Cibiru wetan. Faktor pendorong dalam berinteraksi sosial mahasiswa UPI Cibiru dengan masyarakat RW.13 Cibiru Wetan mahasiswa rantau, lalu sikap masyarakat yang ramah, dan juga sikap toleransi masyarakat. Dan rasa empati dari masyarakat. Faktor penghambat dalam berinteraksi sosial antara mahasiswa UPI Cibiru dengan masyarkat RW.13 Cibiru Wetan Perbedaan budaya, kurangnya terbuka kepada orang-orang baru, perbedan sikap dan perilaku, kesibukan kampus, dan kurangnya intensitas ngobrol bersama. Peran mahasiswa UPI Cibiru dalam berinteraksi dengan masyarakat RW.13 Cibiru wetan. menjaga ketertiban, mengajar anak-anak pelajaran agama di masjid, membantu dalam hal pemasukan untuk masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Mahasiswa; Masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Azhar Fauzan Ahsan
Date Deposited: 25 May 2021 07:03
Last Modified: 25 May 2021 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39481

Actions (login required)

View Item View Item