Pengaruh Kompetensi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat

Lis Nur Chodijah, Lis (2013) Pengaruh Kompetensi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarIsi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
4_Bab1sd5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text
5_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)

Abstract

Sebuah organisasi ataupun perusahaan memerlukan kinerja karyawan dalam mendukung tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan, sangatlah penting peran dari karyawan sebagai penggerak dari suatu organisasi. Oleh sebab itu diperlukan segala sesuatu yang mendukung tercapainya tujuan, diantaranya kompetensi dan kepuasan kerja karyawan. Dengan adanya kompetensi dapat membedakan seseorang yang mampu menunjukkan kinerja yang optimal dengan seseorang yang tidak mampu menunjukkan kinerja yang optimal. Dan kepuasan kerja karyawan harus diciptakan sebaik-baiknya supaya moral kerja, dedikasi, kecintaan, dan kedisiplinan karyawan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan kata lain dimana setiap populasi tidak mendapatkan kesempatan yang sama untuk dapat terpilih menjadi anggota sampel. Sampel yang diambil yaitu 67 orang karyawan kantor pusat Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Data yang telah dikumpulkan diolah kemudian dianalisis dengan metode analisis data. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis (uji t, uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda menghasilkan nilai Y=1,078+0,225X1+0,235X2. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa (1) Secara parsial kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai β kompetensi positif sebesar 0,225. (2) Secara parsial kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai β kepuasan kerja positif sebesar 0,235. (3) Secara simultan kompetensi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R-square membuktikan bahwa kompetensi dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 0,513 atau 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kepuasan kerja, kinerja pegawai
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 15 Feb 2016 11:13
Last Modified: 25 Feb 2016 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item