Nailusidqi, M. Faizal (2021) Kampanye Public Relations dalam mengedukasi masyarakat memutus rantai penularan covid-19: Studi kasus pada Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2,..pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.,.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
Kampanye Public Relations merupakan usaha terkoordinir untuk mempengaruhi masyarakat agar dapat menerima dan melakukan pesan yang disampaikan untuk mendukung tujuan yang telah dirumuskan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Dalam hal ini, Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung melakukan suatu upaya dengan pendekatan kampanye kesehatan kepada masyarakat dalam mengedukasi masyarakat memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi masalah Covid-19 di kota Bandung yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung, untuk mengetahui perancangan dan pelaksanaan program kampanye public relations yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung, untuk mengetahui evaluasi program kampanye public relations yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data Wawancara Mendalam (In-Dept Interview) dan Observasi Partisipatif Pasif memfokuskan pada pendeskripsian dan penjelasan tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakan Model Kampanye Ostergaard yang mana model ini dikemukan oleh seorang teoretikus dan praktisi kampanye Leon Ostergaard, dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Tahap identifikasi masalah, yaitu melakukan penelusuran fakta (fact finding) terhadap kasus Covid-19 sehingga hasil dari tahapan ini dapat dijadikan acuan untuk merancang tahapan-tahapan selanjutnya; 2) Tahap perancangan dan pelaksanaan program dengan melaksanakan kampanye edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi dan edukasi Covid-19 dengan memanfaatkan media sosial, online, dan media massa; 3) Melakukan evaluasi hasil perancangan dan pelaksanaan program kampanye dengan melihat kesesuaian antara proses, tujuan, dan dampak serta menentukan langkah-langkah preventif kedwpannya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung berhasil melaksanakan program dengan menggunakan konsep kampanye untuk perubahan sosia,l yang berfokus pada pendekatan promosi kesehatan dalam memutus rantai penularan Covid-19 sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kampanye ostergaard yang terdiri dari tahap pra kampanye, pelaksanaan, dan pasca kampanye.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye; Public Relations; Leon Ostergaard |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Process Social Groups Social Welfare, Problems and Services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | M. Faizal Nailusidqi |
Date Deposited: | 28 May 2021 05:02 |
Last Modified: | 28 May 2021 05:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39585 |
Actions (login required)
View Item |