Pera, Nanda Ano (2020) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Qur'an untuk pembentukan karakter siswa MI : Studi tafsir QS. Luqman ayat 12 - 19 menurut Imam Ibnu Katsir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (641kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menurunya nilai akhlak Siswa MI/SD di beberapa sekolah di Indinesia, yang mulai melakukan perbuatan atau perilaku yang tidak terpuji, perilaku siswa yang menyimpang atau melanggar norma-norma agama, kurangnya rasa tenggang rasa, sikap keras dan anarkis, tindakan kekerasan di sekolah, berkurangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, hingga degradasi moral. Maka dari itu, perlu adanya penanaman nilai-nilai Pendidikan Islam bagi siswa di sekolah lewat pendidikan Islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah agar peserta didik memiliki karakter yang kuat dan juga keilmuan yang mapan yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Qur’an, guna untuk pembentukan karakter peserta didik (Studi Tafsir QS. Luqman ayat 12-19 menurut Imam Ibnu Katsir), 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode apa sajakah yang dapat digunakan untuk mencapai keefektifan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Qur’an, guna untuk pembentukan karakter siswa MI (Studi Tafsir QS. Luqman ayat 12-19 menurut Imam Ibnu Katsir). Penelitian ini membahas tentang pengertian pendidikan Islam, karakteristik pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Luqman Ayat 12-19 menurut kitab Tafsir Ibnu Katsir, pengertian karakter, dan dasar pembentukan karakter, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam QS. Luqman ayat 12-19 menurut kitab Tafsir Ibnu Katsir adalah: 1) Nilai pendidikan akidah/tauhid, yang meliputi: larangan menyekutukan Allah, meyakini adanya tempat kembali, mengutamakan Allah, percaya sifat Allah (Al-Latief dan Al-Khobir). 2) Nilai pendidikan ibadah/syariah, yang meliputi: perintah bersyukur, larangan kufur, perintah mendirikan shalat, perintah amar ma’ruf nahi mungkar. 3) Nilai pendidikan akhlak, yang meliputi: 1) Perintah bersifat dan bersikap baik, dan perintah berbakti kepda kedua orang tua (birrul waalidain). Adapun metode pendidikan Islam yang dapat digunakan untuk mencapai keefektifan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Qur’an guna untuk pembentukan karakter siswa MI, yaitu: metode nasehat (mau’izhah), metode kisah, metode teladan atau memberi contoh yang baik, dan metode pembiasaan positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Pendidikan; Karakter; Al-Qur'an |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nanda Ano Pera |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 01:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39692 |
Actions (login required)
View Item |