Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan konsumsi rumah tangga terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi D. I. Yogyakarta

Maisun Nida Islami, Maryam (2019) Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan konsumsi rumah tangga terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi D. I. Yogyakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia merupakan salah satu variabel yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan masyarakat. Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat menyebabkan terjadinya ketimpangan dan kesenjangan antar daerah. Kebijakan pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui alokasi belanja modal, pendapatan daerah, dan laju pertumbuhan ekonomi, memberikan kontribusi terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Penelitian ini bertujuan (1) Memahami pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) secara parsial terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2011-2018 (2) Memahami pengaruh Konsumsi Rumah Tangga secara parsial terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2011-2018 (3) Memahami pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Konsumsi Rumah Tangga secara simultan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2011-2018. Kerangka Berpikir dalam penelitian ini yaitu naik turunnya PDRB suatu daerah berdampak pada kualitas konsumsi rumah tangga, apabila tingkat pendapatan penduduk sangat terbatas, banyak rumah tangga miskin terpaksa merubah pola makanan pokoknya ke barang paling murah dengan jumlah barang yang berkurang. Menurunnya PDRB akan mempengaruhi konsumsi rumah tangga sehingga kualitas pembangunan manusia akan ikut berpengaruh. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan jenis data kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari data laporan tahunan Badan Pengembangan dan Perencanaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier, Koefisien determinasi, uji hipotesis t, dan uji hipotesis F dengan alat pengolah data yaitu SPSS versi 25.0. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mempunyai pengaruh yang positif signifikan secara parsial terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan dengan tingkat koefisien determinasinya sebesar 0,987. (2) Konsumsi Rumah Tangga mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan tingkat korelasinya 0,931. (3) Produk Domestik Regional Bruto dan Konsumsi Rumah Tangga secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan dengan tingkat korelasinya 0,994.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Produk Domestik Regional Bruto (PDRB); Konsumsi Rumah Tangga; Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
Subjects: Econmics > Systems, School and Theories of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Maryam Maisun Nida Islami
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:08
Last Modified: 03 Jun 2021 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39701

Actions (login required)

View Item View Item