Hikmah, Nela Nurul (2020) Penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa : Penelitian tindakan kelas di MI PUI Sangiang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya komunikasi matematis siswa pada pelajaran Matematika, bahwa hasil kemampuan komunikasi matematis siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah kurang memadai. Dilihat dari proses pembelajaran guru sudah menggunakan berbagai metode dan model pembelajaran yang beragam, namun metode ceramah masih mendominasi sehingga kurang adanya interaksi antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran matematika kelas V MI PUI Sangiang. 2) untuk mengetahui komunikasi siswa pada pembelajaran Matemmatika di kelas V MI PUI Sangiang dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization. 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas V MI PUI Sangiang antar siklus dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam III siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa essay dan lembar observasi serta dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Penerapan model Kooperatifftipe Team Assisted Individualization sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut didasarkan pada hasil lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas seluruh siswa. Lembar observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebesar 84% , siklus II 90% dan siklus III 98%. Sedangkan rata- rata aktivitas seluruh siswa pada siklus I yaitu sebesar 70%, siklus II 83% dan siklus III 88%. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I yaitu sebesar 61. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 72. Pada siklus III dengan nilai rata-rata mencapai 80. 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas V MI PUI Sangiang antar siklus dengan menggunakan model kooperatif Tipe Team Assisted Individualization telah mengalami peningkatan. Diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,28 dengan kategori rendah, sedangkan peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 0,32 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nela Nurul Hikmah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 00:05 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39710 |
Actions (login required)
View Item |