Penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa : Penelitian tindakan kelas di MI PUI Sangiang

Hikmah, Nela Nurul (2020) Penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa : Penelitian tindakan kelas di MI PUI Sangiang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya komunikasi matematis siswa pada pelajaran Matematika, bahwa hasil kemampuan komunikasi matematis siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah kurang memadai. Dilihat dari proses pembelajaran guru sudah menggunakan berbagai metode dan model pembelajaran yang beragam, namun metode ceramah masih mendominasi sehingga kurang adanya interaksi antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran matematika kelas V MI PUI Sangiang. 2) untuk mengetahui komunikasi siswa pada pembelajaran Matemmatika di kelas V MI PUI Sangiang dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization. 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas V MI PUI Sangiang antar siklus dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam III siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa essay dan lembar observasi serta dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Penerapan model Kooperatifftipe Team Assisted Individualization sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut didasarkan pada hasil lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas seluruh siswa. Lembar observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebesar 84% , siklus II 90% dan siklus III 98%. Sedangkan rata- rata aktivitas seluruh siswa pada siklus I yaitu sebesar 70%, siklus II 83% dan siklus III 88%. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I yaitu sebesar 61. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 72. Pada siklus III dengan nilai rata-rata mencapai 80. 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas V MI PUI Sangiang antar siklus dengan menggunakan model kooperatif Tipe Team Assisted Individualization telah mengalami peningkatan. Diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,28 dengan kategori rendah, sedangkan peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 0,32 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nela Nurul Hikmah
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:05
Last Modified: 03 Jun 2021 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39710

Actions (login required)

View Item View Item