Muzani, Ahmad (2020) Nilai-nilai pendidikan dalam surah Hud ayat 120 dan surah Al-Ahzab ayat 21 tentang metode mengajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Di zaman sekarang ini, banyak orang yang tidak mengkaji lebih dalam makna dan isi al-Qur’an baik yang tersirat maupun tersurat. Mayoritas dari mereka hanya menjadikan al-Qur’an sebagai bahan bacaan saja dan menjadikannya sebagai bahan pajangan di lemari tanpa disentuhnya sama sekali. Hal yang lebih parah lagi Al-Qur’an dijadikan sebagai ajang untuk mencari popularitas, mencari uang dan dijadikan media untuk menjatuhkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penafsiran ulama mengenai Surah Hud Ayat 120 dan Surah Al-Ahzab Ayat 21 tentang metode mengajar, 2) Nilai-nilai pendidikan dalam Surah Hud Ayat 120 dan Surah Al-Ahzab Ayat 21 tentang metode mengajar, dan 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan dalam Surah Hud Ayat 120 dan Surah Al-Ahzab Ayat 21 tentang metode mengajar terhadap peserta didik Bertitik tolak pada sebuah pemikiran bahwa semua yang ada di muka bumi ini baik benda mati ataupun benda hidup, teori ataupun materi, semuanya memiliki nilai, begitupun surah-surah dan ayat-ayat yang ada dalam Al-Qur’an. Maka daripada itu penulis berusaha untuk mengkaji sebuah nilai yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur’an Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data teknik dokumentasi yang diperoleh dari buku-buku, catatan, dan lain sebagainya (kepustakaan). Yang mana dokumen ini tentunya berhubungan dengan fokus penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Secara umum QS. Hud ayat 120 menjelaskan tentang pentingnya mengambil ibrah atas kejadian yang terjadi di masa lampau. Sedangkan QS. Al-Ahzab ayat 21 secara umum menjelaskan bahwa pribadi Nabi Muhammad SAW adalah pribadi yang mulia dan pantas untuk diikuti ; (2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam Al-Qur’an Surah Hud ayat 120 secara garis besar berbicara tentang salah satu cara dalam meyampaikan pesan dakwah (materi) bisa dengan metode cerita. Sedangkan Qur’an surah Al-Ahzab ayat 21 berbicara tentang keteladanan dan pendidikan akhlak yang perlu di terapkan di dunia pendidikan ; dan (3) Implementasi QS Hud ayat 120 dalam metode mengajar yaitu dengan dengan menggunakan metode kisah sebagai pokok utama dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk Qur’an surah Al-Ahzab ayat 21 dapat diterapkan melalui keteladanan seorang pendidik mengenai akhlak keseharian seperti jujur, amanah dll
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Pendidikan; Implementasi; Akhlak; |
Subjects: | Education, Research Religious Education Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Muzani |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 03:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 03:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39781 |
Actions (login required)
View Item |