Hak-hak perempuan dalam Al Qur’an surat An Nisa : Studi komparatif penafsiran Asy-Sya’rawi dan Husein Muhammad Terhadap Isu Gender

Maulana, Anang Komara (2020) Hak-hak perempuan dalam Al Qur’an surat An Nisa : Studi komparatif penafsiran Asy-Sya’rawi dan Husein Muhammad Terhadap Isu Gender. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Hakikatnya Al Qur’an mempunyai prinsip keadilan ketika berbicara tentang perempuan dan laki-laki Perbedaan peran masih saja terjadi dikalangan masyarakat karena disebabkan pola pikir masyarakat dengan struktur Sosial yang timpang karena itu akan menjadi dampak yang besar Seperti halnya kekerasan, marginalisasi,dan sebagainya kepada perempuan hal ini menjadi pembatasan hak-hak sebagai manusia Agama juga sering dijadikan pembenaran atas ketidakadilan tersebut karena itu penting sekali untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Asy-Sya’rawi dan Husein Muhammad mengenai hak-hak perempuan pada Al Qur’an Surat An Nisa Untuk memperjelas penelitian ini diawali penelitian Bagaimaan penafsiran Asy-Sya’rawi dan Husein Muhammad tentang ayat ayat hak perempuan pada Al-Qur’an surat An nisa dan mendesripsikan perbedaan maupun persamaan penafsiran Husein Muhammad dan Asy-Sya’rawi tentang hak-hak perempuam dalam surat An-Nisa. Penelitian ini bersifat Kepustakaan (Library Research). Metode pengumpulan data yang digunakan mengunakan metode dokumentasi, data pada penelitian ini adalah data kualitatif Yakni mencari makna Konteks secara menyeluruh dalam menganalisa data penelitian ini penulis menggunakan analisis deskriptif Komparatif dengan data yang sesuai dengan permasalahan. Adapun data Primer dan Sekunder dalam peneliatian ini yaitu Tafsir Asy Sya’rawi Karya Muttawalli Asy Sya’rawi maupun pemikiran Tafsir Husein Muhammad dan data sekunder penelitian Seperti Al-Qur’an skripsi Jurnal buku dan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil Penelitian menghasilkan bahwa Hak Hak perempuan dalam Tafsir Asy-Sya’rawi Dan Husein Muhammad Yaitu: Hak Perempuan bekerja diluar rumah karena perempuan dan laki-laki diberi hak untuk beramal shaleh. Seperti yang terdapat dalam Q.s An Nisa ayat 32 Hak maskawin (mahar) Q.s An nisa ayat 4 dan 24 bahwasannya perempuan juga berhak menentukan hak mahar kepada calon suami dalam pernikahannya Hak istri mendapatkan Nafkah Q.s An-nisa ayat 34 dan 19 jelaskan bahwa perempuan juga memiliki hak sama seperti kaum Laki-Laki dalam hal mendapatkan Nafkah dari suaminya Hak kemanusian Q.s An-nisa ayat 1 karena perempuan itu mempunyai hak kemanusian yang sama sepeti Kaum laki-laki Q.s An-Nisa ayat 6 menjelaskan bagaimana hak perempuan untuk melangsungkan pernikahan.(a),Persamaan Penafsiran Asy Sya’rawi dan Husien Muhammad, Persamaan penafsiran Asy-Sya’rawi dan Husein Muhammad sependapat bahwa perempuan itu memiliki hak yang sama dengan laki laki seperti halnya Hak mendapatkan nafkah, Hak Mahar, Hak mendapatkan kehidupan.(b).Perbedaan Husien Muhammad dalam menafsirkan ayat ayat tentang Hak Hak perempuan itu menggunakan sosial history dan mengunakan metode tafsir Mau’dhi sedangkan Asy-Sya’rawi dalam menafsrikan lebih kepada tatanan Bahasa yang mudah di pahami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hak-HaK Perempuan;Al -Qur’an; Surat An-Nisa;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: anang komara maulana
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:37
Last Modified: 14 Jun 2021 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39826

Actions (login required)

View Item View Item