Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis melalui Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik

Dewi, Nila Kartika (2020) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis melalui Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi tidak berbanding lurus dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sebagaimana hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cileunyi. Dari studi pendahuluan tersebut memberikan hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan memakai Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan antara yang memakai Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik serta konvensional pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (b) secara keseluruhan terdapat perbedaan pencapaian antara yang memakai Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik serta konvensional pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat dari PAM, namun tidak terdapat perbedaan pencapaian antara yang memakai Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik serta konvensional pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat dari PAM untuk masing-masing kelompok, (c) tidak terdapat perbedaan antara yang memakai Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik serta konvensional pada sikap disposisi matematis siswa, (d) kesulitan serta hambatan siswa diatasi dengan pemberian soal-soal non rutin, (e) tanggapan guru dan siswa positif sepanjang pembelajaran matematika memakai Project Based Learning (PBL) berbantuan animasi komik. Kontribusi penelitian ini terhadap perkembangan pendidikan matematika berupa proyek animasi komik yang dibuat siswa sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Disposisi; Project Based Learning (PBL); Animasi Komik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nila Kartika Dewi
Date Deposited: 11 Jun 2021 04:10
Last Modified: 11 Jun 2021 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39845

Actions (login required)

View Item View Item