Peran DKM dalam pemberdayaan remaja berbasis Masjid : Studi deskriptif di Masjid Al-Jihad Kec.Bojong Loa Kaler Kota Bandung

Faridah, Anni Nur (2020) Peran DKM dalam pemberdayaan remaja berbasis Masjid : Studi deskriptif di Masjid Al-Jihad Kec.Bojong Loa Kaler Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Remaja Masjid merupakan hal yang paling sentral dalam pemberdayan Masjid, oleh karena itu diperlukan pemberdayaan Masjid,salah satunya dapat melalui Pembedayaan Remaja Berbasis Masjid.Generasi muda Islam sangat berperan penting dalam berkembangnya peradaban manusia. Pada masa remaja seseorang akan memasuki masa dimana potensi akan muncul pada setiap diri seseorang, remaja mempunyai kekuatan yang sangat besar dalam pengelolaan yang baik. Dalam konsep Islam menggambarkan manusia sebagai mahluk yang sangat sempurna karna dalam dirinya memiliki akal, bebas berkehendak, dan mampu berbicara Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Peran DKM Dalam Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid dengan melihat program kegiatan, pengimplementasian program dan dampak pengimplementasian Program Remaja Masjid Al-Jihad dalam meningkatkan kegiatan pemberdayaan di masyarakat sekitar Masjid Al-Jihad. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus masjid, remaja masjid dan masyarakat. Hasil penelitian yang dilakukan beberapa peran DKM Masjid AlJihad , terdapat peranan Remaja Masjid Al-jihad dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat. Program yang dilakukan Remaja Masjid Al-Jihad sudah berjalan dengan baik dan dilaksanakan sesuai harapan. Program-program kerja Remaja Masjid AlJihad kegiatan yang bersifat rutin seperti pengajian/liqo seminggu sekali,kegiatan santunan,dan bersih masjiid. Pemberdayaan yang dilakukan Remaja Masjid al-Jihad diketahui oleh masyarakat sekitar hal ini dibuktikan begiitu antusiasnya masyarakat dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan remaja masjid ini dan membuktikan pula bahwa kegiatan yang dilakukan dan dilaksanakan menyentuh semua golongan masyarakat sekitar masjid atau luar daerah masjid Al-Jihad. Hasil pelaksanaan program pemberdayaan menjadi lebih termotivasi untuk lebih peduli dengan sesama manusia, lebih khusus sesama muslim yang sangat membutuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat. Dan program pemberdayaan juga mendapatkan nilai positif dari masyarakat dan banyak yang ikut serta dalm melaksanakan program kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Remaja Masjid
Subjects: Islam > Mosques
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anni Nur Faridah
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:09
Last Modified: 28 Jun 2021 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39886

Actions (login required)

View Item View Item