Pengaruh pendapatan bagi hasil Mudharabah dan pendapatan bagi hasil Musyarakah terhadap laba bersih PT. Bank Syariah Mandiri periode 2016-2019.

Saviera, Tyas Justika Zachra (2021) Pengaruh pendapatan bagi hasil Mudharabah dan pendapatan bagi hasil Musyarakah terhadap laba bersih PT. Bank Syariah Mandiri periode 2016-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy

Abstract

Bagi hasil adalah suatu perkongsian antar dua pihak atau lebih dalam satu kegiatan usaha/proyek dimana masing-masing pihak berhak atas segala keuntungan dan bertanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi. Pendapatan bank sangat dipengaruhi oleh seberapa besar keuntungan yang diterima oleh bank dari kegiatan pembiayaan yang disalurkan. Oleh karena itu, suatu pendapatan akan mempengaruhi kenaikan laba bersih begitu pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan bagi hasil Mudharabah terhadap laba bersih (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan bagi hasil Musyarakah terhadap laba bersih. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan bagi hasil Mudharabah dan pendapatan bagi hasil Musyarakah terhadap jumlah laba bersih pada PT. Bank Syariah Mandiri periode 2016-2019. Metode penelitian ini yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskiptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi dan Uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan Uji F. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan publikasi Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Berdasarkan penelitian statistic secara parsial diperoleh hasil bahwa pendapatan jumlah bagi hasil Mudharabah berpengaruh terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Syariah Mandiri selama periode 2016-2019 hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel maka H₀ ditolak da H₁ diterima. (2) Berdasarkan penelitian statistic secara parsial diperoleh hasil bahwa pendapatan jumlah bagi hasil Musyarakah berpengaruh terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Syariah Mandiri selama periode 2016-2019 hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel maka H₀ ditolak da H₁ diterima. (3) Berdasarkan penelitian statistic secara simultan diperoleh hasil bahwa pendapatan jumlah bagi hasil Mudharabah dan Musyarakah berpengaruh terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Syariah Mandiri selama periode 2016-2019 hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung > Ftabel maka H₀ ditolak da H₁ diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah; Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; Laba Bersih.
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: tyas justika
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:30
Last Modified: 16 Jun 2021 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/39948

Actions (login required)

View Item View Item