Efektivitas Peningkatan Mutu Program Studi (Studi Kasus pada Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung)

Badrudin, Badrudin (2014) Efektivitas Peningkatan Mutu Program Studi (Studi Kasus pada Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung). ilib.uinsgd.ac.id, - (3). pp. 1-303. ISSN -

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 2014.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Efektifitas peningkatan mutu Program Studi adalah kekuatan, kemampuan, dan kebiasaan Prodi dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen Prodi untuk mencapai mutu Prodi. Kurang terjadinya upaya peningkatan mutu Prodi disebabkan karena kapasitas manajemen Prodi tidak dikembangkan secara sistematis, terus menerus, dan berkesinambungan dengan konteks prodi Manajemen Pendidikan Islam. Fokus masalah penelitian ini adalah strategi peningkatan mutu Prodi yang diarahkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Indikator Prodi bermutu, (2) Kebijakan Prodi tentang strategi peningkatan mutu, (3) Strategi pencapaian program bermutu, (4) Capacity Building PTK, (5) Kepemimpinan mutu (quality leadership), (6) Perspektif pengembangan mutu Prodi ke depan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif pada lokus Prodi S1 MPI FTK UIN SGD Bandung. Analisis data menggunakan model analisis Miles & Hubermen yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Prodi yang menjadi objek penelitian mempunyai visi, misi, dan tujuan yang jelas sehingga dapat mengarahkan peserta didik menjadi mahasiswa yang unggul dan berakhlak mulia. Kebijakan yang diterapkan Prodi S1 MPI dalam peningkatan mutu sangat strategis untuk perkembangan Prodi di masa mendatang. Pertama, menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 iii sebagai dasar perbaikan berkelanjutan mutu pendidikan di setiap kegiatan atau aktivitas yang berhubungan penyelenggaraan pendidikan. Kedua, meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang ada untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan memiliki kepribadian serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Ketiga, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan pelayanan prima dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Keempat, meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran dan pelayanan terhadap mahasiswa dan masyarakat sebagai penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan berwawawasan global dengan mengembangkan dan memenuhi standar nasional pendidikan tinggi dan internasional (ISO) berbasis ICT dengan pendidikan global sebagai ciri khas yang utama yaitu trilingual (Indonesia, Inggris, Arab). Strategi pencapaian program pembelajaran yang dilakukan Prodi dengan melengkapi administrasi pembelajaran serta pemenuhan rencana pembelajaran yang berstandar internasional, keunggulan lokal, dan pembentukan karakter mahasiswa yang religius. Pengembangan SDM untuk mencapai dosen dan tenaga kependidikan yang bermutu di Prodi dilakukan dengan cara memberdayakan staf dengan menempatkan personel yang melayani keperluan semua siswa, menyediakan staf berwawasan manajemen berbasis Prodi, menyediakan kegiatan untuk pengembangan profesi pada semua staf, dan menjamin kesejahteraan staf dan siswa melalui kegiatan dan program yang telah dibuat. Format kepemimpinan mutu di Prodi dilaksanakan dengan merancang program dengan rinci, sistematis, dan berkesinambungan. Perspektif iv pengembangan mutu Prodi ke depan yang dikembangkan Prodi berdasarkan studi mutu mengacu kepada peningkatan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Rekomendasi agar mutu Prodi dapat dilaksanakan dengan baik perlu dikembangkan sistematika manajemen Mutu Terpadu yang merupakan perwujudan dari visi dan misi, dan tujuan sehingga dapat diturunkan ke ranah teknis dan disusun dengan jelas sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing personel dengan berpijak pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang menjadi acuan utama indikator Prodi bermutu, dan direkomendasikan membuat sendiri acuan standar dengan menambahkan atau memasukkan ciri khas Prodi. Selain itu perlu dipahami kebijakan dan strategi mutu yang ditempuh untu mencapai Prodi bermutu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan, amnajmen, islam
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:50
Last Modified: 13 Nov 2018 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4001

Actions (login required)

View Item View Item