Dampak perilaku Ihsan terhadap remaja akhir dalam kehidupan sehari-hari di Maleber Barat RW. 03 Kelurahan Maleber Kecamatan Andir Bandung

Lestari, Eka Dwi (2021) Dampak perilaku Ihsan terhadap remaja akhir dalam kehidupan sehari-hari di Maleber Barat RW. 03 Kelurahan Maleber Kecamatan Andir Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan semakin kurangnya remaja akhir pemahami perilaku ihsan dan bertujuan untuk menerapkan perilaku ihsan dalam kehidupan sehari-hari menjadikan seseorang mementingkan sikap diri sendiri, egois, serta semakin pudarnya nilai sopan santun dalam diri manusia dan khususnya pada remaja akhir, karena salah satunya mudahnya mengakses informasi, membuka peluang untuk menggapai segala hasratnya. Kemudahan mengakses ini mengakibatkan interaksi social budaya semakin kompleks dilingkungan remaja akhir Ihsan secara bahasa yaitu ahsana, yuhsinu, ihsanan. Kata ihsan (berbuat baik) adalah perilaku atau tingkah laku seseorang melakukan perbuatan yang baik dan mencegah diri dari perbuatan dosa. Allah memberikan kebaikan terhadap hamba yang baik dengan kekayaan, kemulian, kepandaian, maupun jasmani. Masa remaja akhir disebut masa yang penuh gejolak, masalah, penuh semangat dan berkreatifitas. Perubahan atau peralihan dari kanak-kanak ke dewasa yang meliputi perubahan biologis, perubahan psikologis dan perubahan social. Perilaku ihsan adalah hal yang selalu dibawa manusia sepanjang hidupnya, karna berbuat baik itu sebuah keharusan bagi dirinya, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak perilaku ihsan terhadap remaja akhir dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu menganalisa data hasil yang telah terkumpul dari lapangan dengan kondisi seadanya, selanjutnya data terkumpul tersebut di gambarkan yang tidak bermaksud menyimpulkan yang berlaku umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi obsevasi, wawancara, dan penyebaran angket/kuesioner. Sedangkan untuk menganalisa hasil angket/kuesioner uji instrument, uji korelasi dan regresi menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20.0. Dari hasil penelitian didapat bahwa hasil gambaran dan dampak perilaku ihsan remaja akhir dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini sehubungan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0 yaitu hasil uji koefisien korelasinya 0,021 yang artinya korelasi antara perilaku isan dan remaja akhir dampaknya kurang kuat atau bias di bilang lemah. Lalu hasil regresi linier sederhana didapatkan nilai R.Square 0,062 di persenkan menjadi 6.2 %. Yang artinya dampak perilaku ihsan hanya sebesar 6.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku;Ihsan;Remaja;Akhir
Subjects: Applied Psychology
Religious Ethics
Islam > Islamic Ethics, Practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Eka Dwi Lestari
Date Deposited: 18 Jun 2021 08:14
Last Modified: 19 Jun 2021 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40028

Actions (login required)

View Item View Item