Zahratunnisa, Ainayya Nadira (2020) Bimbingan tahfidh melalui teknik Self-Talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
Abstract
Bimbingan tahfidh memiliki peran yang penting bagi keberhasilan santri dalam menghafal Al-Qur’an. Seringkali santri mengalami berbagai hambatan saat menghafal Al-Qur’an. Pada saat santri menghadapi situasi sulit tersebut, santri harus memiliki dan membiasakan self-talk positif agar terciptanya sugesti yang positif sehingga motivasi dalam diri santri tidak hilang. Tidak hanya itu, nyatanya santri memerlukan bimbingan tahfidh yang dilakukan oleh pembimbing/ustadz agar santri dapat mengenali dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya dan dapat mengatasi hambatan-hambatan yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan tahfidh melalui teknik self-talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur’an serta hasil dari bimbingan tahfidh melalui teknik self-talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan kepada tiga orang santri dengan umur dan kemampuan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan pendeskripsian data berdasarkan pengalaman hidup dari subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu bimbingan tahfidh yang dilaksanakan di Indonesian Al-Qur’an Center cukup efektif dalam membantu santri dalam menghafal Al-Qur’an. Self-talk yang dilakukan ketiga santri yang menjadi subjek penelitian dengan cara diulang-ulang memiliki sugesti positif, berpikir positif dan fokus. Kalimat yang diulang-ulang menguatkan subjek agar lebih termotivasi kembali dan semangat dalam menghafal Al-Qur’an. self-talk ini sebagai usaha dalam memunculkan kembali motivasi yang hilang dan kembali semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Tidak hanya itu, peran pembimbing dalam mengarahkan melalui pemberian nasihat dan pemberian motivasi juga sangat membantu santri untuk bangkit dari kondisi sulitnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Tahfidh;Self-talk;Motivasi Menghafal Al-Qur'an |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ainayya Nadira Zahratunnisa |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 01:45 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 01:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40041 |
Actions (login required)
View Item |