Bimbingan tahfidh melalui teknik Self-Talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur'an

Zahratunnisa, Ainayya Nadira (2020) Bimbingan tahfidh melalui teknik Self-Talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan tahfidh memiliki peran yang penting bagi keberhasilan santri dalam menghafal Al-Qur’an. Seringkali santri mengalami berbagai hambatan saat menghafal Al-Qur’an. Pada saat santri menghadapi situasi sulit tersebut, santri harus memiliki dan membiasakan self-talk positif agar terciptanya sugesti yang positif sehingga motivasi dalam diri santri tidak hilang. Tidak hanya itu, nyatanya santri memerlukan bimbingan tahfidh yang dilakukan oleh pembimbing/ustadz agar santri dapat mengenali dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya dan dapat mengatasi hambatan-hambatan yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan tahfidh melalui teknik self-talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur’an serta hasil dari bimbingan tahfidh melalui teknik self-talk dalam menunjang motivasi menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan kepada tiga orang santri dengan umur dan kemampuan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan pendeskripsian data berdasarkan pengalaman hidup dari subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu bimbingan tahfidh yang dilaksanakan di Indonesian Al-Qur’an Center cukup efektif dalam membantu santri dalam menghafal Al-Qur’an. Self-talk yang dilakukan ketiga santri yang menjadi subjek penelitian dengan cara diulang-ulang memiliki sugesti positif, berpikir positif dan fokus. Kalimat yang diulang-ulang menguatkan subjek agar lebih termotivasi kembali dan semangat dalam menghafal Al-Qur’an. self-talk ini sebagai usaha dalam memunculkan kembali motivasi yang hilang dan kembali semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Tidak hanya itu, peran pembimbing dalam mengarahkan melalui pemberian nasihat dan pemberian motivasi juga sangat membantu santri untuk bangkit dari kondisi sulitnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Tahfidh;Self-talk;Motivasi Menghafal Al-Qur'an
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ainayya Nadira Zahratunnisa
Date Deposited: 08 Jul 2021 01:45
Last Modified: 08 Jul 2021 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40041

Actions (login required)

View Item View Item