Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap hadiah perlombaan sepak bola Darussalam Cup di Institut Agama Islam Darussalam (IAID).

Hakim, Reza Yudha Lukmanul (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap hadiah perlombaan sepak bola Darussalam Cup di Institut Agama Islam Darussalam (IAID). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstract.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Kegiatan olah raga khususnya sepak bola memang menjadi primadona bagi banyak masyarakat di Indonesia khususnya anak muda. Bahkan, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) menjadikan perlombaan sepakbola menjadi agenda rutin tahunan yang melibatkan para alumni, santri, dan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Darussalam. Perlombaan sepak bola yang diadakan IAID tersebut memberikan hadiah bagi pemenang perlombaan sepak bola tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana mekanisme pelaksanaan perlombaan Darussalam Cup di Institut Agama Islam Darussalam (IAID) dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap hadiah perlombaan Darussalam Cup di Institut Agama Islam Darussalam (IAID). Hadiah dalam perlombaan yang dalam hal ini adalah perlombaan sepak bola dapat diperbolehkan atau tidak bergantung pada apakah hadiah tersebut berasal dari pihak ketiga, misalnya sebagai sponsor atau berasal dari biaya pendaftaran peserta perlombaan yang mana jika berasal dari biaya pendaftaran peserta dapat menjadikan pihak yang menang mengambil harta/hak pihak yang kalah yang tentunya akan bersinggungan terkait dengan perjudian. Teori yang digunakan terkait permasalahn tersebut adalah teori tentang maysir yang akan meninjau terkait skema yang terjadi dalam perlombaan sepakbola khususnya mengenai aspek hadiah dalam perlombaan sepakbola tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Analisis. Lalu mengunakan data Kualitatif. Adapun data yang diperoleh berdasarkan observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat dua kesimpulan yang didapat. Pertama, kegiatan perlombaan sepak bola yang diadakan oleh Institut Agama Islam Darussalam (IAID) mengharuskan para peserta lomba untuk membayar biaya pendaftaran yang mana uang hasil pendaftaran dijadikan sebagai biaya operasional dan hadiah bagi pemenang perlombaan oleh panitia perlombaan. Kedua, ditinjau berdasarkan hukum ekonomi syariah, pelaksanaan perlombaan sepak bola Darussalam Cup belum bisa dikatakan sesuai dengan hukum ekonomi syariah karena pada hakikatnya pihak pemenang mendapatkan hadiah yang bersasal dari pihak yang kalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: maysir; hadiah; perlombaan;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Reza Yudha Lukmanul Hakim
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:10
Last Modified: 22 Jun 2021 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40074

Actions (login required)

View Item View Item