Sosiologi pendidikan

Dulkiah, Moh. and Sarbini, Sarbini (2020) Sosiologi pendidikan. LP2M UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, LP2M UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. ISBN 978-623-6070-06-2

[img]
Preview
Text (SOSIOLOGI PENDIDIKAN)
BUKU SOSIOLOGI PENDIDIKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ini menyajikan model resiliensi masyarakat di salah satu desa kecil di wilayah timur Jawa Barat. Terlebih ditengah pandemic covid 19, dimana Sebagian besar masyarakat mengalami dampak yang luar biasa, maka kemampuan masyarakat diuji kehandalannya. Kemampuan beradaptasi dengan kondisi-kondisi yang sulit menjadi penting agar bisa tetap survival. Buku ini juga menyajikam upaya resilience dari aspek agama, nilai dan Pendidikan. Bentuk resiliensi masyarakat ditengah pandemic yang kami damping berupa penggalian modal social masyarakat. Kemampuan masyarakat untuk melakukan asosiasi (kerjasama) satu sama lain akan menjadi modal penting dalam mengembangkan kehidupan sosial (sociabilities). Kemampuan menerapkan asosiasi tersebut dapat dilakukan melalui penguatan kelembagaan dan modal sosial (social capital). Penguatan kelembagaan dibangun atas kebutuhan dan kepentingan umum (need and interest) masyarakat. Sementara modal sosial terbentuk secara sistematis melalui suatu jaringan (networking), kepercayaan (trust), dan nilai-nilai (values) yang melekat dan dikonstruksikan serta disosialisasikan pada setiap individu atau kelompok baik di dalam atau pun di luar lembaga/organisasi. Pemanfaatan kelembagaan dan modal sosial dalam pengembangan masyarakat dapat dilakukan baik pada level mikro, meso, dan makro. Pendampingan civitas akademika dalam pengembangan masyarakat merupakan proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Melalui pendampingan ini, kami berharap menemukan titik akhir dari pemberdayaan masyarakat yang tidak lain ternyata keberdayaan itu sendiri. Pada titik keberhasilan ini, masyarakat memiliki pengetahuan yang memadai (stock of knowledge) atas eksistensi dirinya. Mereka juga memiliki kesadaran kolektif (colective conciousness) atas strategi tujuan, serta mereka juga memiliki berbagai sumberdaya, baik modal sosial (social capital), modal ekonomi (economic capital), modal budaya (cultural capital), dan modal politik (political capital). Kolaborasi modal-modal ini menjadi penting untuk mengembangkan model resiliensi masyarakat.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: sosiologi; pendidikan;
Subjects: Education > Sociology of Education
Depositing User: LP2M UIN SGD BANDUNG
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:06
Last Modified: 22 Jun 2021 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40088

Actions (login required)

View Item View Item