Dakwah Nafsiyah kaum lesbian di Kota Bandung : Analisis Fenomenologi

Meisy, Elga (2020) Dakwah Nafsiyah kaum lesbian di Kota Bandung : Analisis Fenomenologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
8_daftar pusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fenomena LGBT, salah satunya kaum lesbian. Dimana fenomena ini selalu menjadi kontroversial dikalangan masyarakat. Setiap masyarakat tentunya memiliki pandangan dan persepsi yang berbeda terhadap keberadaan kaum lesbian. Dalam fenomena ini, yakni seseorang memiliki privasi mengenai identitasnya sebagai seorang lesbian. Mereka akan berusaha untuk diterima keberadaannya dilingkungan masyarakat. Terkait dengan hal itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi simbolik yang digunakan kaum lesbian, memperoleh cara berproses komunikasi privasi perempuan lesbian, dan pandanfgan masyarakat terhadap keberadaan kaum lesbian. Peneliti memilih seorang mahasiswa dan pelajar sebagai objek penelitian. Dalam menganalisis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara yang nantinya dianalisis secara deskriptif, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis melalui tahap pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian terhadap kaum lesbian ini memerlukan pendekatan secara personal agar mendapatkan informasi yang akurat Berdasarkan hasil penelitian, bahwa fenomena lesbian sangat berkembang, dan perempuan lesbi yang ingin berhijrah sangatlah tertutup. Alasan tertutup karena individu malu dan takut. Individu melakukan pengungkapan kepada temannya, sahabatnya, ataupun orang-orang terdekat. Adapun interaksi simbolik antar sesama lesbian yaitu dengan cara perilaku, pandangan mata, dan gaya bahasa. Kaum lesbian tidak hanya berinteraksi dengan sesamanya, akan tetapi dengan non lesbian juga. Ketika berkomunikasi, kaum lesbian terlebih dahulu melihat dengan siapa mereka berkomunikasi. Tidak mengunakan bahasa khusus yang bersifat rahasia. Faktor pendukung dalam berinteraksi adalah karena adanya rasa percaya diri, kesamaan identitas, penggunaan aplikasi, dan juga penerimaan masyarakat. Sedangkan penghambat dalam berinteraksi adanya rasa malu, rasa takut, diskriminasi, dan penolakan dari lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lesbi; Dakwah Nafsiah; Interaksi; Fenomenologi.
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Menurut Bidang Tertentu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Elga Meisy
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:22
Last Modified: 23 Jun 2021 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40130

Actions (login required)

View Item View Item