Firdaus, Muhammad Taufiq (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis weblog untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (740kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
Fisika merupakan bagian mata pelajaran disekolah menengah atas yang terdapat pada jurusan MIPA. Penggunaan media pembelajaran dapat mendukung penguasaan konsep peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan media pembelajaran berbasis weblog, 2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis weblog, dan 3) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis weblog. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 4,538 dan 2,064 sehingga t_hitung>t_tabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis weblog ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, 2) berdasarkan uji peningkatan menggunakan N-gain, didapatkan bahwa rerata nilai N-gain yang didapat oleh peserta didik memiliki kategori sedang, serta 3) berdasarkan angket respon, peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran weblog.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; weblog; GLB; GLBB |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Taufiq Firdaus |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 05:50 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 05:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40204 |
Actions (login required)
View Item |