Bimbingan pribadi melalui pendekatan Islami untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri remaja : Penelitian di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak Cisurupan-Garut

Savitri, Tiara Fauzia (2021) Bimbingan pribadi melalui pendekatan Islami untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri remaja : Penelitian di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak Cisurupan-Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penyesuaian diri remaja sehingga berdampak pada perkembangan remaja dalam melakukan aktivitas sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dengan layanan bimbingan pribadi melalui pendekatan islami di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak (Satpel PSA) Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program, proses, hasil pada kegiatan bimbingan pribadi melalui pendekatan islami untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri remaja di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak (Satpel PSA) Garut. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa bimbingan pribadi melalui pendekatan islami merupakan proses bantuan yang bertujuan untuk menghadapi keadaan batinnya sendiri, agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pribadi salah satunya masalah penyesuaian diri, bimbingan pribadi ini didalamnya menggunakan metode dan materi yang berdasarkan Al-Quran dan Hadist sehingga dapat menciptakan akhlak yang baik dalam diri remaja dalam melakukan penyesuaian diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan deskriptif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan pencatatan atau dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan pribadi melalui pendekatan islami mampu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri pada remaja terbukti dengan adanya perubahan secara bertahap pada seluruh remaja yang mengikuti kegiatan bimbingan pribadi melalui pendekatan islami di Satuan Perlayanan Perlindungan Sosial Anak (Satpel PSA) Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi;Pendekatan Islami;Penyesuaian Diri;Remaja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tiara Fauzia Savitri
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:28
Last Modified: 01 Jul 2021 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40308

Actions (login required)

View Item View Item