Arifin, Husnul (2020) Peran sekolah cermat KAMMI Jawa Barat dalam meningkatkan motivasi belajar dikalangan anak jalanan : Penelitian di Citepus Kelurahan Padjajaran Cicendo Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penelitian ini mengkaji mengenai pola dan proses peningkatan motivasi belajar anak jalanan di sekolah cermat. Anak-anak jalanan yang menjadi objek pembinaan sekolah cermat merupakan anak-anak yang putus sekolah karna tidak memiliki biaya pendidikan, anak-anak yang terkendala akibat factor ekonomi sehingga mereka mengamen dan anak-anak yang mengalami pola asuh yang salah dalam keluaga. Sekolah cermat berusaha mewadahi anak-anak jalanan agar dapat terus mengenyam pendidikan dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses dan pola peningkatan motivasi belajar anak jalanan di Lembaga Sekolah Cermat (2) Faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat peningkatan motivasi belajar anak jalanan di Lembaga Sekolah Cermat (3) Upaya apa yang dilakukan oleh Lembaga Sekolah Cermat dalam peningkatan motivasi belajar anak jalanan Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional dari Talcott Parson. Menurut Parson, dalam teori ini mengasumsikan bahwa masyarakat adalah sekumpulan system sosial yang didalamnya satu sama lain saling berhubungan dan ketergantungan. Dalam teori ini terdapat empat imperative fungsional yang dikenal dengan skema AGIL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mencoba menganalisis hasil penelitian tekhnik pengumpulan data yang diambil dengan cara observasi langsung, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pola dan Proses peningkatan motivasi belajar yang dilakukan oleh Sekolah Cermat melalui pendekatan secara kekeluargaan yang menjadikan pengajar atau kaka asuh menganggap anak-anak jalanan ini bukanlah orang-orang yang asing, tapi mereka adalah adik-adik dan saudara kita sendiri yang didalamnya ada kewajiban kita untuk melakukan upaya meningkatkan motivasi belajarnya. Lebih jauh dari itu sekolah cermat juga menjadikan anak-anak ini nyaman dengan sekolah cermat dengan mewadahi aktifitasnya dijalan pada aktifitasnya disekolah cermat berupa pelatihan-pelatihan bermusik dan keterampilan. Karna elemen terkecil dalam masyarakat adalah individu, jika individu ini baik maka didalam kehidupan bermasyarakat ia akan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Sekolah Cermat; Motivasi Belajar; Anak Jalanan |
Subjects: | Education > Sociology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Arifin Husnul |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 02:10 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40417 |
Actions (login required)
View Item |