Bimbingan spiritual melalui terapi Al-Fatihah untuk ketenangan pasien gangguan jiwa: Studi lapangan terhadap pasien gangguan jiwa di Asrama Dua Panti Rehabilitasi As-Sabur Bumi Kaheman Bandung

Halimah, Siti (2021) Bimbingan spiritual melalui terapi Al-Fatihah untuk ketenangan pasien gangguan jiwa: Studi lapangan terhadap pasien gangguan jiwa di Asrama Dua Panti Rehabilitasi As-Sabur Bumi Kaheman Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy

Abstract

Siti Halimah: Bimbingan Spiritual Melalui Terapi Al-fatihah Untuk Ketetnangan Pasien Gangguan Jiwa (Studi lapangan terhadap Pasien Gangguan Jiwa di Asrama Dua Panti Rehabilitasi As-Sabur Bumi Kaheman Bandung). Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan terapi Al-fatihah yang diadakan di Panti Rehabilitasi As-Shobur (bumi kaheman) asramaa dua. Terapi alfatihah ini merupakan bagian dari kegiatan psikorelegius atau bimbingan spiritual yang diadakan oleh petugas panti sebagai media pembantu penyembuhan pasien gangguan jiwa. Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat perubahan signifikan setelah mengikuti terapi alfatihah yang berupa ketenangan pada diri pasien. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengetahui proses pelakssanaan bimbingan spiritual melalui terapi al-fatihah untuk ketanangan pasien gangguan jiwa dan hasil yang dicapai dari bimbigan spiritual melalui terapi al-fatihah untuk ketenangan pasien gangguan jiwa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara semi-terstruktur, yang mana pada penelitian ini peneliti hanya mempersiapkan beberapa pertanyaan kunci untuk memandu jalannya wawancara. Kemudian observasi atau pengamatan dan dokumentasi sebagai bukti dari penelitian. Dasar pemikiran penelitian ini berpijak pada pendapat Muhammad Utsman Najati bahwa, pada hakekatnya setiap individu merupakan makhluq beragama sehingga dibutuhkannya asupan spiritual sebagai upaya penyembuhan penyakit gangguan jiwa. Pemberian bimbingan spiritual dapat dilakukan dengan metode yang beragam, seperti halnya dengan terapi Al-fatihah. Al-fatihah merupakan bagian dari Al-qur’an (kalamullah), setiap bacaannya dapat menjadi obat penawar (penyembuh) hati sehingga memperoleh ketenangan dalam diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan spiritual melalui terapi al-fatihah untuk meningkatkan ketenangan pasien gangguan jiwa di Panti Rehabilitasi As-sabur (Bumi Kaheman) Asrama dua dilaksanakan setiap hari selasa pukul 09.00-10.30 WIB. Adapun jenis gangguan jiwa berdasarkan data asrama dua yaitu, Gangguan Jiwa Berat: Skizofrenia, Gangguan Bipolar, Psikosis akut, dan Gangguan Penyalahgunaan Obat. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan bimbingan spiritual melalui terapi Al-fatihah memiliki peningkatan dari sebelum adanya bimbingan spiritual melalui terapi al-fatihah. Hal tersebut sebaimana yang disampaikan oleh pasien bahwa mereka lebih dapat menerima (ikhlas), tidak suka melamun, tidak bosan, senang, pikiran menjadi fresh, dapat mengelolah emosi, serta lebih sadar dengan kekurangannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Spiritual; Al-fatihah; Ketenangan; Gangguan; Jiwa
Subjects: Religious Experiences
Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Halimah
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:29
Last Modified: 14 Jul 2021 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40546

Actions (login required)

View Item View Item