Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Take and Give hubungannya dengan hasil belajar siswa di masa pandemi Covid-19 : Penelitian pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al ‘Imaroh Kabupaten Bekasi mata pelajaran Al-Qur’an hadis materi ilmu pengetahuan dan teknologi

Handaningrum, Destia Putri (2021) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Take and Give hubungannya dengan hasil belajar siswa di masa pandemi Covid-19 : Penelitian pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al ‘Imaroh Kabupaten Bekasi mata pelajaran Al-Qur’an hadis materi ilmu pengetahuan dan teknologi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_Daftar Isi.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan bahwa siswa kelas XII MA Al ‘Imaroh saat diterapkannnya model pembelajaran take and give secara umum siswa kelas XII MA Al ‘Imaroh sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi covid-19 akan tetapi hasil belajar yang diperoleh siswa masih belum maksimal. Padahal di satu sisi guru telah berupaya menjelaskan materi dengan maksimal, tetapi masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai relatif rendah. Dari fenomena tersebut maka muncul permasalahan yang menarik untuk di teliti, yaitu bagaimana hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran take and give hubungannya dengan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Realitas tanggapan siswa kelas XII MA Al ‘Imaroh tentang penerapan model pembelajaran take and give di masa pandemi covid-19, (2) Realitas hasil belajar siswa kelas XII MA Al ‘Imaroh setelah diterapkan model pembelajaran take and give di masa pandemi covid-19, (3) Realitas hubungan tanggapan siswa mengenai penerapan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas XII MA Al ‘imaroh di masa pandemi covid-19. Penelitian ini diasumsikan bahwa terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kematangan peserta didik merupakan elemen yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran serta kesiapan agar peserta didik mampu memberikan tanggapan/respon kepada pendidik yang terlibat langsung dengan peserta didik sehingga terdapat kecakapan sikap serta kesiapan mental peserta didik dalam menerima apa yang akan disampaikan oleh pendidik dengan optimal. Dari asumsi teori tersebut diajukannya hipotesis semakin positif tangapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran take and give maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan. observasi, teknik dokumentasi, teknik tes, dan angket, dengan responden sebanyak 47 siswa. Analisis data kedua variable ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu dengan menggunakan pendekatan analisis parsial, dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari dilakukannya pengolahan data, maka diperoleh kesimpulan bahwa : (1) hasil variabel X menunjukkan pada kategori kualifikasi sangat positif , (2 hasil variabel X menunjukkan pada kategori kualifikasi tinggi. (3) hasil dari hubungan antara variabel X dan Y memiliki nilai:koefisien korelasi sebesar 0,690, termasuk dalam kategori korelasi yang kuat. Hipotesisnya diterima, yang memiliki pengertian bahwa semakin baik tanggapan siswa tehadap penerapan model pembelajaran take and give, maka semakin baik pula hasil belajar siswa di masa pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; take and give; hasil belajar; mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Destia Putri Handaningrum
Date Deposited: 12 Jul 2021 05:41
Last Modified: 12 Jul 2021 05:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40551

Actions (login required)

View Item View Item