Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan Leadership Skill mahasiswa : Penelitian di Himpunan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Latifah, Wifa Fakhriyah (2021) Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan Leadership Skill mahasiswa : Penelitian di Himpunan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa merupakan remaja akhir yang beranjak dewasa sebagai civitas akademika yang memiliki kesadaran diri untuk mengembangkan potensi diri dan mempersiapkan diri untuk mengubah keadaan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Dalam rangka melahirkan generasi pemimpin penerus bangsa perlu melakukan strategi dan upaya untuk meningkatkan sikap kepemimpinan pada diri mahasiswa agar menjadi sarjana yang kompeten. Oleh karena itu perlu adanya suatu proses yang dapat diajarkan dan dipelajari oleh mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dirinya yang tidak hanya mengembangkan kemampuan hard skill saja tetapi juga mau dan mampu mengembangkan kemampuan soft skill. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program layanan bimbingan kelompok, proses pelaksanaan bimbingan dan pembentukan karakter leadership serta mengetahui hasil yang dicapai dari layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan leadership skill mahasiswa di Himpunan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah (HIMAJA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini berlandaskan pemikiran dari Tohirin bahwa layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara memberikan bantuan dengan bimbingan kepada individu dengan melakukan kegiatan kelompok. Aktivitas dan dinamika kelompok layanan bimbingan kelompok diwujudkan dalam membahas berbagai hal yang berguna untuk pengembangan dan pemecahan masalah yang dialami individu. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, sedangkan teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang berhubungan dengan penelitian, diklasifikasikan dan disusun untuk menggambarkan jawaban dari fenomena yang diteliti. Adapun sampel pembimbing 2 orang dan mahasiswa sebanyak 3 orang. Berdasarkan penelitian hasil keseluruhan dari program layanan bimbingan kelompok diperoleh bahwa dalam pelaksanaannya memberikan signifikansi terhadap peningkatan leadership skill mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari individu yang memberikan perubahan dan peningkatan sedikit demi sedikit dalam sikap individu ke arah yang positif dan lebih baik lagi serta memiliki kualitas diri sejalan dengan peningkatan soft skill dan hard skill nya dapat meningkatkan keterampilan leadershipnya. Selain itu, indikator keberhasilan hasil dari proses bimbingan kelompok ini dibuktikan dengan banyaknya demisioner himpunan mahasantri yang memiliki kemampuan kepemimpinan diri yang baik hingga menjadi pemimpin di suatu organisasi dan serta menjadi mahasiswa aktif di berbagai organisasi internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok;Leadership;Mahasiswa
Subjects: Applied Psychology
Social Process > Leadership
Communities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wifa Fakhriyah Latifah
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:03
Last Modified: 16 Jul 2021 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40591

Actions (login required)

View Item View Item