Peran konseling spiritual dalam mengembangkan kepercayaan diri mahasiswa : Study kasus di Lab. Syifaul Qulub pada mahasiswa Tasawuf Psikoterapi angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Zumar, Muhammad (2021) Peran konseling spiritual dalam mengembangkan kepercayaan diri mahasiswa : Study kasus di Lab. Syifaul Qulub pada mahasiswa Tasawuf Psikoterapi angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Konseling spiritual adalah proses pemberian bantuan kepada orang lain (klien) yang mengalami kesulitan atau masalah dengan pemberi nasehat, anjuran, serta komunikasi terapeutik dengan menyertakan Allah Swt/kekuatan yang melebihi aspek material dalam proses konseling berlangsung, sehingga konseli dapat memaknai setiap permasalahan yang dihadapinya. Konseling spiritual berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri mahasiswa hal ini karena upaya konseling spiritual seperti nasihat, anjuran, bimbingan, dan saran-saran yang diberikan pada mahasiswa dapat menjadikan mahasiswa lebih mandiri dalam menyelesaikan masalahnya, serta mahasiswa lebih mampu menemukan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konseling spiritual dalam mengembangkan kepercayaan diri mahasiswa di Lab. Syifaul Qulub Pada Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yakni penelitian yang analisisnya lebih fokus pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 159 orang. Sampel sebanyak 40 responden, diambil dengan teknik sampling quota. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pemberian kuosioner terhadap 40 responden. Instrumen yang digunakan dengan menggunakan alat ukur konseling spiritual (28 item) dan kepercayaan diri (26 item). Dalam penelitian ini didasarkan pada pemikiran teori tentang konseling spiritual dan kepercayaan diri. Adapun hasil penelitian ini didapatkan terdapat pengaruh peran konseling spiritual dalam mengembangkan kepercayaan diri mahasiswa, didapatkan nilai r 0,721 ≥ r tabel (0,312) dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 ≤ 0,05. Konseling spiritual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri pada mahasiswa sebesar 52%, dan sisanya sebesar 48% kepercayaan diri pada mahasiswa dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Spiritual; Kepercayaan Diri; Mahasiswa
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Zumar
Date Deposited: 15 Jul 2021 06:42
Last Modified: 15 Jul 2021 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40659

Actions (login required)

View Item View Item