Akbar, Ilham (2021) Pengaturan kecepatan motor SRM menggunakan kontrol PI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
Abstract
Ada tiga jenis motor yang digunakan dalam penggunaan kendaraan listrik saat ini yaitu permanent magnet synchronous motor, induction motor, dan Switched Reluctance Motor (SRM). SRM memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan jenis motor lainnya. Keunggulan yang dimiliki SRM yaitu weight, reliability, fault tolerance, dan waktu akselerasi. Namun motor SRM ini perlu diatur agar mempunyai kecepatan serta respon transien yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mensimulasikan dan merancang pengendalian kecepatan pada SRM. Simulasi kendali Proposional Integral (PI) dilakukan terlebih dahulu dengan menggunakan matlab untuk melihat hasil pengendalian sebelum diimplementasikan pada SRM. Dari hasil SysId Matlab diperoleh fungsi transfer sistem dalam orde satu. Fungsi transfer sistem ini digunakan untuk menentukan nilai Kp dan Ki secara analitik dan didapatkan nilai Kp sebesar 0,006159 dan Ki sebesar 0,054752. SRM beroperasi pada PWM 72-84 atau dalam duty cycle bernilai 28,23% - 32,94%. Sinyal PWM ini setara dengan tegangan input driver sebesar 1,446 Volt – 1,756 Volt. Implementasi dilakukan dengan menggunakan mikrokontroler arduino dan hanya menggunakan sinyal kendali positif yang membuat motor berputar hanya pada satu arah. Dari simulasi dan implementasi yang dilakukan diperoleh bahwa sistem kendali yang telah dirancang mampu mentracking kecepatan pada setpoint yaitu 400 rpm, 600 rpm dan 800 rpm. settling time secara berurut didapatkan sebesar 1,2 s, 2 s, dan 1,3 s, overshoot sebesar 52,75%, 62,16%, dan 13,87 %. Error steady state setiap setpoint didapatkan sebesar 10 %, 0,33%, 0,5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SRM; RPM; PI |
Subjects: | Systems > System Identification Systems > Computer Modeling and Simulation Systems > Theory of Communication and Control |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Ilham Akbar |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 07:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40688 |
Actions (login required)
View Item |