Pengaruh distribusi dana zakat melalui Program Sukabumi Sejahtera Baznas terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Sukabumi

Rasidah, Laras (2021) Pengaruh distribusi dana zakat melalui Program Sukabumi Sejahtera Baznas terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Presentase penduduk miskin di Kabupaten Sukabumi masih dalam kategori tinggi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut yakni dengan mendukung keberadaan UMKM melalui bantuan dana Zakat, karena zakat memiliki potensi yang baik untuk mendukung hal tersebut. Dengan adanya lembaga seperti Baznas Kabupaten Sukabumi diharapkan akan membantu mustahik dalam mengembangkan usahanya. Namun pada kenyataanya masih terdapat mustahik yang belum mampu untuk berkembang setelah menerima bantuan modal usaha dari Baznas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana prosedur distribusi dana zakat melalui program sukabumi sejahtera Baznas terhadap pengembangan umkm di Kabupaten Sukabumi; (2) Bagaimana pengaruh distribusi dana zakat melalui program sukabumi sejahtera Baznas terhadap pengembangan umkm di Kabupaten Sukabumi. Peneliti menggunakan metode mixed method di mana menggabungkan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, untuk metode kuantitatif menggunakan berbagai analisis data seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, dan uji heterokedastisitas), uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t) dan uji koefisien determinasi dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data kuesioner dilakukan sebagai teknik dalam pengumpulan data, untuk pengolahan data dibantu dengan menggunakan alat analisis SPSS versi 23. Sedangkan untuk metode kualitatif yang digunakan adalah studi kepustakaan di mana peneliti mendapatkan data dari Baznas Kabupaten Sukabumi yang digunakan untuk kebutuhan data dalam penelitian. Hasil penelitian berdasarkan data yang didapatkan menunjukan bahwa untuk hasil penelitian kuantitatif dapat dilihat dari hasil uji t di mana thitung > ttabel (2,300 > 2,01) dengan sp value (Sig) sebesar 0,026 < 0,05 yang berarti membuktikan bahwa Ho ditolak Ha diterima sehingga distribusi dana zakat melalui program sukabumi sejahtera baznas berpengaruh signifikan terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Sukabumi. Sedangkan untuk hasil penelitian kualitatif menunjukan bahwa prosedur pendistribusian dana zakat di Baznas Kab Sukabumi yaitu tahap asesmen wilayah, tahap asesmen mustahik, tahap verifikasi berkas oleh Baznas dan yang terakhir jika lolos mustahik akan mendapatkan latihan dasar kelompok mengenai program bantuan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: distribusi dana zakat; pengembangan UMKM; program sukabumi sejahtera
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Laras Rasidah
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:52
Last Modified: 27 Jul 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40762

Actions (login required)

View Item View Item