Pengaruh faktor makroekonomi, kesenjangan dan penyaluran dana zakat terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia periode 2002-2019

Purnama, Lili (2021) Pengaruh faktor makroekonomi, kesenjangan dan penyaluran dana zakat terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia periode 2002-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

Faktor penyebab kemiskinan yang penulis pilih terdiri dari dua faktor makroekonomi yang tercermin dari pertumbuhan ekonomi dan pengangguran, faktor kesenjangan pendapatan dan penyaluran dana zakat. Perbedaan sumber daya dan demografi masing-masing wilayah menyebabkan proses pembangunan yang tidak merata diikuti perbedaan tingkat kemiskinan terlihat jelas pada masyarakat desa dan kota yang memiliki perbedaan persentase lumayan tinggi. Keadaan ekonomi di berbagai wilayah Indonesia yang tidak merata, Pulau Jawa menjadi titik tumpu perekonomian dan kawasan timur tergolong terbelakang sehingga mengakibatkan perbedaan tingkat kesenjangan pendapatan, kemiskinan serta pembangunan ekonomi wilayah. Segitiga kemiskinan - pertumbuhan ekonomi - kesenjangan menunjukkan interaksi yang terus-menerus antara ketiga faktor tersebut. Jumlah angkatan kerja yang jauh lebih besar dari kesempatan kerja dikarenakan jumlah penduduk yang tinggi dan langkanya modal. Penyaluran dana zakat solusi permasalahan kemiskinan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor makroekonomi, kesenjangan dan penyaluran dana zakat terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia periode 2002-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik regresi linear berganda. Data yang digunakan berupa data sekunder berbentuk time series 2002-2019 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Badan Amil Zakat Nasional yang mencakup data tahunan Indonesia. Data kemudian dianalisis menggunakan aplikasi software Eviews 11. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia Pengangguran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia. Kesenjangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia. Penyaluran dana zakat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia serta pertumbuhan ekonomi, pengangguran, kesenjangan dan penyaluran dana zakat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia periode 2002-2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan; Pengangguran; Penyaluran Dana Zakat; Pertumbuhan Ekonomi; Tingkat Kemiskinan
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Lili Purnama
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:48
Last Modified: 27 Jul 2021 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40800

Actions (login required)

View Item View Item