Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan Mmetode Socrates pada pembelajaran PAI : Penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat

Rismayadi, Hardis (2021) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan Mmetode Socrates pada pembelajaran PAI : Penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cipatat, didapat informasi ketika peneliti telah melakukan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Pada kegiatan tersebut peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dimana peserta didik masih ada yang menjawab beberapa soal latihan tanpa dasar aspek dalam berpikir logis dan kritis. Sehingga tidak dapat membuat peserta didik mampu untuk menyimpulkan dan menganalisis dari isi materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, salah satunya yaitu dengan cara menerapkan metode pembelajaran Socrates. Tujuan penggunaan metode pembelajaran ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum menggunakan metode Socrates, 2) mengetahui proses penerapan metode Socrates, dan 3) mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan metode Socrates pada pembelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 CIPATAT. Metode Socrates merupakan metode pembelajaran yang dibentuk dengan memberikan serangkaian pertanyaan dan tujuannya untuk mengetahui sesuatu isi terkait yang ditanyakan oleh materi tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus selama enam pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil skor pembelajaran PAI sebelum diterapkannya metode Socrates terhadap kelas XI memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,25 kategori sedang. Skor pada proses observasi aktivitas guru siklus I memperoleh skor 61,33% kategori sedang, aktivitas peserta didik memperoleh skor 62,85% kategori sedang. Pada data hasil observasi aktivitas guru siklus II memperoleh skor 85,33% kategori tinggi, aktivitas peserta didik memperoleh skor 83,8% kategori tinggi. Lalu pada data hasil observasi aktivitas guru siklus III memperoleh skor 98,66% kategori sangat tinggi, aktivitas peserta didik memperoleh skor 97,14% kategori sangat tinggi. Skor hasil pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode Socrates terhadap nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 74,72 kategori sedang, pada siklus II diperoleh sebesar 84,3 kategori tinggi dan pada sklus III diperoleh sebesar 96,38 kategori sangat tinggi. Dengan demikian, dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Socrates dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Cipatat pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Socrates; Berpikir Kritis
Subjects: Education
Education > Philosophy and Theory of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:07
Last Modified: 06 Aug 2021 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40816

Actions (login required)

View Item View Item