Manajemen pendayagunaan dana zakat dalam mengoptimalkan kesejahteraan mustahik : Studi deskriptif di BAZNAS Kabupaten Cianjur Jl. Raya Bandung Sadewata No. 108

Sidiq, Ridho Pribadi (2021) Manajemen pendayagunaan dana zakat dalam mengoptimalkan kesejahteraan mustahik : Studi deskriptif di BAZNAS Kabupaten Cianjur Jl. Raya Bandung Sadewata No. 108. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan adalah masalah sosial yang berkepanjangan terutama bagi negara yang berstatus negara berkembang dan harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah. Alternatif solusi kemiskinan dalam Islam adalah melalui zakat.Maka hal ini menjadi peluang besar bagi Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim, akan tetapi dengan potensi besar tersebut zakat belum dapat terkumpul secara optimal dikarenakan kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap urgensi zakat serta proses pendayagunaan yang belum optimal serta efektif. Maka dari itu diperlukan optimalisasi dalam proses pendayagunaan zakat untuk meminimalisir kekurangan tersebut demi terwujudnya kesejahteraan mustahik. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengetahui program pendayagunaan dana zakat dalam mengoptimalkan kesejahteraan mustahik pada BAZNAS Kabupaten Cianjur. Pendayagunaan merupakan sebuah kegiatan atau usaha yang bisa menciptakan pengaruh dan bisa membuat suatu perubahan yang cukup signifikan. Pendayagunaan menurut M Daud Ali terbagi menjadi 4 bentuk yaitu,konsumtif tradisional,konsumtif kreatif,produktif tradisional,dan produktif kreatif. Adapun penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan, menjelaskan informasi dan data terkait dengan pendayagunaan dana zakat dalam mengoptimalkan kesejahteraan mustahik.Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa program pendayagunaan dana zakat sudah dilakukan cukup baik sesuai dengan tujuan pembangunan nasional untuk mewujudkan kesejahteraan mustahik dengan Jumlah penerima manfaat baik melalui pendayagunaan zakat konsumtif dan pendayagunaan zakat produktif mengalami peningkatan. Adapun peluang yang ditemui yaitu potensi zakat yang besar, kantor UPZ yang sudah terdapat di 30 wilayah, potensi SDA, sedangkan hambatan yang ditemui yaitu keterbatasan jumlah SDM,sumber anggaran belum optimal, penyalahgunaan bantuan oleh mustahik. Kemudian dari hasil program pendayagunaan dana zakat ini sebagian besar telah mampu mengoptimalkan kesejahteraan mustahik penerima bantuan produktif ekonomi serta dengan terbantunya pemenuhan beberapa indikator kesejahteraan yang mencakup bidang pendidikan,kesehatan,keagamaan,dan sosial kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan;kesejahteraan;Mustahik
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam > Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ridho Pribadi Sidiq
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:56
Last Modified: 28 Jul 2021 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40894

Actions (login required)

View Item View Item