Media sosial sebagai sarana interaksi dan solidaritas Komunitas Skateboard: Penelitian pada Komunitas Skateboard Kabupaten Cianjur

Safitri, Lia (2021) Media sosial sebagai sarana interaksi dan solidaritas Komunitas Skateboard: Penelitian pada Komunitas Skateboard Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media sosial sebagai sarana intraksi sosial dan solidaritas pada komunitas Skateboard Cianjur. Analisis ini terletak di Taman Skate Park Kabupaten Cianjur. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media sosial, untuk mengetahui interaksi dan untuk mengetahui solidaritas dari anggota komunitas Skateboard Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi sosial George Simmel dengan fokus pada bentuk interaksi sosial. Menerut Goerge Simmel mengatakan bahwa interaksi sosial merupakan proses sosial. Dengan cara mengikut sertakan individu atau kelompok. Interaksi sosial akan menciptakan pola tertentu, yaitu keadaan saling merepons dari tindakan individu yang akan mempengaruhi individu yang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari beberapa informan yaitu diperoleh dari anggota Komunitas Skateboard Kabupaten Cianjur. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari mencari infomasi melalui media sosial, website, hingga berita yang bersangkutan untuk dapat melengkapi serta memperkuat informasi-informasi yang diperoleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Media sosial digunakan Komunitas Skateboard Cianjur sebagai media interaksi dalam mempertahankan eksistensi dan perkembangan komunitasnya. Jenis media sosial yang digunakan Komunitas Skateboard Cianjur adalah Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Interaksi sosial komunitas Skateboard Cianjur jika berdasarkan teori George Simmel termasuk bentuk subordinasi dan superordnasi, jika berdasarkan tipe termasuk kepada tipe Interaksi Sosial Antara Individu dengan Kelompok. Solidaritas Komunitas Skateboard Cianjur jika berdasarkan teori Emile Durkheim termasuk pada bentuk solidaritas mekanik, sebab terbentuk karena semua orang generalis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keberadaan media sosial memiliki peran penting bagi perkembangan Komuitas Skateboard Cianjur, sebab sebagai media pendudukung dalam pola interaksi yang mempengaruhi tingkat eksistensi serta solidaritas Komuitas Skateboard Cianjur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Komunitas; Media Sosial; Solidaritas
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lia Safitri
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:28
Last Modified: 26 Jul 2021 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40962

Actions (login required)

View Item View Item